Tips Turunkan Berat Badan Usai Libur Panjang

0
164

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Liburan panjang di akhir dan awal tahun kerap membuat berat badan naik. Aktivitas yang diisi dengan berkumpul dengan keluarga dan makan-makan tanpa banyak aktivitas fisik membuat angka timbangan bergerak ke arah kanan.

Agar berat badan segera turun, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan seperti mengutip Independent, Senin (2/1/2017) antara lain:

01. Bikin catatan makanan

Tulis makanan dan minuman apa saja yang sudah dikonsumsi. Dengan menuliskan makanan yang dikonsumsi, membantu Anda dalam mengontrol berat badan. Orang yang menuliskan asupan makanan dalam jurnal, terjadi penurunan berat badan ddua kali lebih banyak dibandingkan yang tidak melakukannya. “Menulis catatan makanan juga membuat Anda tahu perubahan dalam mengonsumsi makanan apa yang perlu dilakukan ” kata psikolog dari East Carolina University, Lesley Lutes.

02. Minum banyak air putih

Sebagian besar para pakar merekomendasikan minum air putih saat lapar. Terkadang saat haus, otak menangkap sinyal. Sebaiknya pilih minum air putih dibandingkan air dengan gula atau bersoda.

03. Pangkas asupan gula

Konsumsi gula berlebih meningkatkan potensi obesitas. Dengan mengurangi asupan gula berdampak positif pada tubuh seperti diungkapkan penulis buku I Quit Sugar, Sarah Wilson. Selain membantu berat badan cepat turun, memangkas gula juga membuat kulit lebih indah, suasana hati lebih stabil, dan mengurangi nyeri di persendian.

04. Perbanyak jalan kaki

Jalan kaki merupakan salah satu langkah termudah dan terbaik untuk meningkatkan jumlah aktivitas fisik harian. Para pakar menyarankan setiap hari paling tidak berjalan kaki 30 menit. Berdasarkan pengakuan salah satu pengguna Reddit, dengan membatasi kalori dan rutin berjalan kaki 30 menit setiap hari berat badannya turun 12 kg.

05. Naik tangga

Saat berjalan-jalan, daripada eskalator lebih baik pilh tangga biasa. Berjalan kaki dua sampai tiga menit menaiki tangga, tidak hanya baik untuk menurunkan lingkar pinggang tapi juga menurunkan angka kematian akibat obesitas.

06. Tidur cukup

Liburan dan kumpul bersama keluarga terkadang membuat orang jadi kurang tidur. Kurang tidur sedikit saja bisa memicu kenaikan berat badan. Oleh karena itu setelah selesai liburan, coba perbaiki jadwal tidur Anda. Jika tidur cukup dan berkualitas hal tersebut berpengaruh terhadap berat badan. (*)

LEAVE A REPLY