Tips Tetap Sehat Saat Traveling

0
517

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Saat menikmati liburan wisata ke luar kota, sering kali urusan makan makanan sehat jadi terabaikan. Jika sakit di tengah liburan, rencana dirancang akan sia-sia begitu saja.

Selain itu, kita lebih berkeinginan untuk mencoba berbagai macam masakan baru di destinasi wisata. Sehingga mengorbankan kesehatan. Dampak umum yang sering terjadi ketika berlibur adalah penimbunan lemak.

Berikut ada beberapa tips bagi Anda untuk makan sehat saat bepergian pada hari libur, seperti dilansir laman magforwoman.com/Intisari-Online:

01. Sarapan porsi sedang

Sebagian besar hotel di tempat kita berlibur, umumnya memiliki berbagai menu prasmanan untuk sarapan. Makanlah dalam porsi sarapan yang sedang. Paduan jus dan roti gandum memungkinkan kita untuk merasakan kenyang dalam selang beberapa waktu.

02. Sediakan kotak makanan

Masukan beberapa potongan buah-buahan dan roti dari sarapan dan menyimpannya di kotak makanan. Akan berguna jika kita tidak dapat menemukan restoran di sekitar tempat berlibur dan memungkinkan kita untuk menghindari lapar dalam waktu yang lama.

03. Menyesuaikan makanan

Ketika berlibur, kita pasti ingin mencoba untuk memakan makanan yang ada di daerah sekitar, namun perlu diingat sesuaikanlah makanan yang kita konsumsi dengan porsi yang biasa kita makan. Usahakan jangan terkesan berlebihan dalam makan karena itu akan berdampak kurang baik terhadap tubuh kita. Mengkonsumsi perpaduan sayur dan makanan yang kaya serat mungkin bisa jadi pilihan bagus untuk menyeimbangkan dengan makanan cepat saji yang tersedia di daerah berlibur.

04. Konsumsi Minuman Non Kalori

Makanan cepat saji memang memiliki rasa keunikan dan enak, namun untuk menyeimbangkan yang kita konsumsi cobalah untuk memilih minuman berupa jus, sangat bermanfaat untuk menetralisir makanan cepat saji dibandingkan minuman berjenis soda yang bisa membuat
penimbunan lemak secara cepat.

05. Tetap aktif

Setelah menjalani perjalanan yang panjang, jangan lantas tidur sepanjang hari di hotel ya. Usahakan untuk selalu aktif bergerak, misalnya saja dengan memanfaatkan fasilitas fitnes di hotel atau jalan-jalan menikmati udara segar. Dengan terus bergerak aktif, Anda bisa tetap fit selama liburan kok.

06. Biasakan mencuci tangan

Berada di tempat yang baru dengan cuaca yang berbeda bisa saja membuat tubuh terkena flu atau gejala alergi yang lainnya. Oleh karena itu, untuk menjaga daya tahan tubuh tetap fit jangan lupakan kebiasaan untuk mencuci tangan. Jika perlu, gunakan hand sanitizer sebelum makan atau setelah dari kamar mandi.

07. Menjaga pola makan

Ini akan menjadi tantangan saat travelling, jangan sampai kebiasaan makan sehat Anda berakhir di sini ya. Pastikan membawa camilan sehat yang tahan lama dan makanan pendukung seperti sereal gandum atau susu kemasan. Pastikan juga saat makan di restoran Anda tetap menghindari makanan tinggi lemak dan gula. Lebih aman konsumsi aneka sup sayur atau salad, kemudian memilih air putih sebagai menu minuman wajibnya.

08. Istirahat cukup

Kesenangan saat travelling jangan sampai membuat Anda melupakan istirahat ya. Hal ini sangat diperlukan untuk membuat tubuh tetap fit dan segar keesokan harinya. Dapatkan waktu tidur yang cukup selama travelling ya.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda tidak perlu khawatir lagi jika kesehatan akan terganggu saat travelling. Nikmati liburan Anda ke tempat impian dengan selalu menjaga kesehatan ya. Selamat berlibur! (*/EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.