Tips Tetap Sehat Saat Mudik Lebaran

0
509

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Mudik Lebaran tradisi sekaligus budaya yang sudah mengakar di Indonesia. Mudik melalui perjalanan darat memang mengasyikkan, penuh suka duka dan ada sisi pengalaman tersendiri. Selain menempuh perjalanan panjang, masalah kesehatan juga harus diperhitungkan.

Sebaiknya menyiapkan kondisi tubuh tetap sehat, bugar, dan prima menjadi lagu wajib yang harus diperhatikan. Tetap menjaga kesehatan saat mudik Lebaran, sangat penting dilakukan. Jangan sampai kelelahan, kecapaian berat karena ini akan menurunkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit.

Kelelahan akan membuat tubuh mudah terinfeksi kuman atau virus, terutama yang menyebabkan penyakit infeksi saluran pernafasan atas, seperti flu, batuk pilek dan sakit tenggorokan; serta infeksi pada usus seperti diare.

Nah, agar kondisi tubuh dapat tetap terjaga saat mudik Lebaran, berikut beberapa tips agar tetap sehat saat mudik Lebaran:

01. Beristirahatlah yang cukup sebelum berangkat mudik, serta usahakan pula untuk cukup beristirahat di sela-sela perjalanan Anda.

02. Bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri, sebaiknya ada beberapa anggota keluarga yang bisa bergantian mengemudikan kendaraan.

03. Bagi Anda yang yang melakukan ibadah puasa, usahakan agar perjalanan mudik lebih banyak dilakukan setelah berbuka puasa.

04. Sebaiknya, Anda juga menyiapkan makanan kecil dan minuman di mobil, jika sewaktu-waktu dibutuhkan seperti misalnya Anda terpaksa berbuka saat terjebak kemacetan di jalan.

05. Di perjalanan, selain untuk tempat istirahat atau buang air kecil, manfaatkan juga rest area atau tempat istirahat untuk melakukan latihan fisik ringan dan gerakan relaksasi khususnya pada kaki, tangan dan leher.

06. Usahakan hindari membeli makanan dan minuman di pinggir jalan, mengingat kualitas makanan dan minuman yang belum tentu terjaga dengan baik.

07. Jangan lupa membawa obat-obatan sederhana seperti obat sakit maag, obat anti mabuk perjalanan, obat sakit kepala, obat anti diare, serta obat/tetes mata. Jangan lupa pula membawa obat-obatan rutin bagi anggota keluarga yang memiliki penyakit tertentu, yang turut serta dalam perjalanan.

08. Hindari membawa barang bawaan yang berlebihan. Jika memang Anda memiliki banyak oleh-oleh untuk sanak saudara di tempat tujuan, ada baiknya oleh-oleh tersebut Anda kirimkan terlebih dahulu melalui jasa pengiriman barang.

Selamat mudik Lebaran, semoga sampai tujuan dengan keadaan selamat, aman dan tanpa gangguan yang tak diinginkan bersama. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.