Tips Tetap Sehat dalam Perjalanan Pesawat

0
428

AUSTRALIA, test.test.bisniswisata.co.id: PERJALANAN Naik pesawat memang melelahkan, kadang membosankan bahkan kerap mengalami trauma ketakutan. Singkat atau lama, terduduk di dalam pesawat bersama ratusan penumpang lainnya bisa memberi pengaruh kepada kesehatan kita.

Efek samping itu bervariasi, dari dehidrasi, kembung atau perasaan jet lag setibanya di tujuan. Terkadang, dampak tersebut memerlukan beberapa hari untuk pulih secara menyeluruh.

Menurut laporan, News.com.au, ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk melawan dampak-dampak tersebut. Juga Fix.com, ada sejumlah tips baik yang bisa Anda lakukan untuk membuat penerbangan Anda lebih menyenangkan:

01. Minum sedikitnya delapan gelas sehari menjelang penerbangan Anda. Bawa botol isi ulang yang bisa diisi setibanya di bandara dan saat di atas pesawat.

02. Hindari minuman bersoda dan konsumsi minuman teh fermentasi.

03. Hindari makanan junk food atau siap saji yang bisa menyebabkan kembung, sebaliknya konsumsi makanan-makanan mentah seperti wortel, daging panggang dan yoghurt.

04. Hindari minuman beralkohol, makanan berlemak dan garam yang bisa menyebabkan dehidrasi dan pencernaan lamban.

05, Daripada mengunyah permen karet, lebih baik permen jahe

06. Konsumsi beberapa obat alami seperti: Kapulaga dan kayu manis untuk pencernaan Anda

07. Suplemen melatonin dan teh chamomile untuk bantu tidur

08. Herba echinacea untuk kekebalan tubuh

09. Vitamin C untuk membantu tubuh membangun imun terhadap kuman-kuman baru

10. Serat untuk membantu tubuh secara alami mencerna makanan

Fix.com juga menyarankan untuk memakai kaus kaki yang berfungsi sekaligus untuk kompres (compression socks) untuk membantu melawan pembekuan darah, dan pertimbangkan untuk menginap di hotel bandara jika Anda memiliki penerbangan pagi. Hal ini dilakukan untuk memberikan Anda tambahan waktu tidur.

Setibanya pada di tujuan, Anda bisa membantu masa pemulihan dengan: makan 3 kali sehari seperti biasa sesegera mungkin, Ekspos diri Anda pada sinar matahari sebanyak mungkin untuk membantu dampak jet lag, dan berolahraga untuk membantu sirkulasi tubuh dan pastikan tubuh bisa membedakan siang dan malam hari. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY