Tips Sewakan Apartemen untuk Wisatawan

0
63
kamar apartemen

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Apartemen di Jakarta juga kota besar di Indonesia lainnya berkembang pesat. Namun, tak bisa dipungkiri masih banyak apartemen belum ditempati. Tentunya, sayang jika dibiarkan begitu saja. Ya, daripada nganggur lebih enak jika menghasilkan pemasukan, misalnya dengan menyewakannya di beberapa situs wisata seperti airbnb atau Travelio.

Di situs wisata itu, apartemen bakal ditawarkan ke wisatawan berbagai mancanegara yang ingin mengunjungi destinasi wisata Nusantara. Tapi masalahnya turis pasti sangat memilih, mereka tidak akan tertarik dengan apartemen yang terlalu biasa. Jadi agar apartemen Anda laku disewa turis, lakukan trik dari Rumah.com, Kamis (05/10/2017), berikut ini.

# Hindari terlalu banyak furnitur kayu

Kini dominasi kayu tak lagi membuat orang tertarik, kecuali lantai parket. Jika kayu digunakan sebagai dinding atau membiarkan kitchen set berwarna seperti warna kayu, siap-siap saja jika apartemen kurang laku. Banyaknya ornamen kayu membuat apartemen seakan ada di tahun 1980-an. Furnitur kayu juga menimbulkan kesan seram karena kuno.

# Buatlah satu tema

Dekorasilah apartemen Anda dengan tema tertentu yang menarik sehingga membuat orang lain betah dan homey. Misalnya Anda membuat tema navy dengan meletakkan beberapa bantal warna biru atau ada unsur aksesori laut di dinding atau meja, serta seprai yang berwarna biru dan putih. Boleh juga menampilkan ruangan yang industrial, shabby chic, atau bergaya tropis. Apartemen seperti ini akan jauh lebih menarik dibandingkan yang ditata asal-asalan.

# Lengkapi dengan alat masak dan makan

Penyewa memilih apartemen dengan harapan mereka bisa melakukan berbagai hal yang tidak bisa dilakukan di hotel. Misalnya, memasak, terutama di malam hari saat belum tidur. Untuk itu sediakan kompor, rice cooker, microwave, serta peralatan makan yang lengkap. Jangan menyiapkan hanya satu piring makan, minimal sediakan satu lusin karena penyewa apartemen tak mungkin sendirian. Lebih oke lagi jika Anda memberikan bonus camilan atau mi instan—bisa juga dengan menetapkan harga untuk setiap camilan yang Anda letakkan di dapur.

# Bukan selimut tipis

Beberapa penyewa ada yang susah lepas dari AC. Dan mereka biasanya menggunakan suhu yang minim saat tidur. Masalahnya begitu menjelang pagi, udara di dalam kamar akan sangat dingin. Jika Anda tak menyediakan selimut yang cukup tebal, bisa jadi penyewa akan komplain dan memberikan rating yang rendah.

# Siapkan alat mandi, handuk, dan tempat menyimpan sepatu

Hal ini memang sepele tapi akan membuat rating Anda setingkat lebih tinggi dibandingkan yang tidak menyediakan. Banyak penyewa yang masih menganggap apartemen layaknya hotel sehingga menyediakan handuk dan alat mandi. Jangan lupa untuk segera mencuci atau me-laundry handuk, seprai, dan selimut setelah digunakan oleh penyewa. Selain itu, menyediakan air panas dengan water heater juga akan menjadi nilai tambah.

# Buat aturan yang jelas

Tetapkan peraturan untuk penyewa, misalnya tidak membawa teman lebih dari 4 orang atau sesuaikan dengan kapasitas apartemen. Sebaiknya tidak menggunakan apartemen untuk pesta, serta diharapkan tidak menimbulkan kegaduhan. (*)

LEAVE A REPLY