Tips Rancang Liburan Bersama Anak

0
81
Mengisi liburan

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Liburan merupakan kesempatan bersantai dan menikmati tempat wisata dengan nyaman. Namun, beda halnya jika sudah memiliki anak. Berlibur bersama anak sudah pasti akan lebih repot dibanding jika Anda hanya pergi bersama pasangan.

Selain si kecil lebih banyak membutuhkan persiapan khusus, liburan bersama anak terkadang juga penuh dengan ujian kesabaran dan drama. Ujung-ujungnya, liburan yang Anda diidamkan selama ini hanya menjadi angan-angan.

Tenang, menyiapkan rencana dengan matang adalah kunci keberhasilan perjalanan bersama anak. Empat strategi ini bisa Anda coba agar momen liburan bersama anak menjadi nyaman dan berkesan, seperti dilansir laman Sindonews.com, Rabu (06/09/2017):

01. Libatkan anak-anak

Tak perlu stres jika harus berlibur dengan dua anak atau lebih. Anak berusia di atas lima tahun sudah bisa diajari dan diajak menyiapkan kebutuhannya sendiri. Anda cukup mengawasi dan memastikan barang yang dibawa si kecil tidak ada yang ketinggalan, serta sesuai dengan jenis kegiatan liburan. Agar anak semakin bersemangat saat berlibur, biarkan anak mencoba membawa ranselnya sendiri. Walaupun berukuran kecil, tas ini bisa dipakai untuk menyimpan camilan dan mainan favorit anak. Pastikan jika beban ransel anak sesuai dengan kemampuannya.

02. Beri anak-anak kegiatan dalam perjalanan

Meskipun anak adalah terbilang periang, jadwal penerbangan yang tertunda, macet di dalam tol, perjalanan yang membosankan, dan hal-hal yang tidak menyenangkan lainnya bisa membuatnya resah dan rewel. Oleh karena itu, membuat mood anak agar selalu senang sangatlah penting. Salah satu cara untuk mengusir kejenuhan anak selama perjalanan adalah membuat ia tetap sibuk dengan aktivitas menyenangkan, seperti mewarnai dan menggambar. Jika anak sudah berusia di atas tujuh tahun, kegiatan memotret cocok untuk memenuhi rasa ingin tahu mereka yang besar. Pinjamkan ia kamera polaroid dan beri tantangan memotret 10 objek foto yang harus diabadikan selama perjalanan. Pasti si kecil sangat tertarik!

03. Pilih hotel ramah anak

Jangan pernah mengorbankan kenyamanan anak demi isi dompet Anda. Perjalanan yang panjang dan melelahkan membuat anak membutuhkan hotel atau tempat menginap yang nyaman dan bersih. Ingat, anak membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar ia bisa mengikuti semua kegiatan liburan dengan ceria dan tidak mudah rewel. Memilih hotel yang memiliki banyak aktivitas untuk anak juga merupakan satu hal yang penting. Saat ini, ada banyak hotel yang memiliki fasilitas khusus anak, mulai dari arena bermain, perpustakaan, kolam renang khusus anak, wahana outbound, hingga tur khusus. Fasilitas-fasilitas tersebut tak hanya sekadar membuat anak-anak gembira dan betah, namun membuat momen liburan terasa lebih menyenangkan dan berkesan.

04. Tetapkan bujet terbang

Menetapkan tempat liburan adalah hal penting dalam rencana liburan. Namun, mempertimbangkan estimasi besarnya biaya yang dibutuhkan juga tidak kalah penting, terlebih mengingat Anda tidak traveling seorang diri. (*)

LEAVE A REPLY