Tips Nginap di Hotel Bebas Kutu Busuk

0
1155
Sudut kamar hotel yang kerap ada kutu busuk (Foto: worcesterherald.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: TENGAH berpergian dan menginap di sebuah hotel, hendaknnya waspada sekaligus berhati-hati lah ketika menginap di hotel. Tentu tidak ingin mendapatkan sebuah ‘suvenir’ tambahan berupa kutu busu di dalam tas saat liburan usai.

Bahkan menilbulkan masalah baru usai menikmati liburan. Dokter kulit Theodore Rosen, MD membeberkan di mana saja letak kutu-kutu dan bagaimana memusnahkan hewan pengganggu itu untuk selamanya seperti dikutip dari realsimple.com.

Di bawah ini ada kiat-kiat dari Rosen untuk mendapatkan perjalanan bebas dari serangga-serangga selama perjalanan.

1. Periksa seluruh dan sudut kamar

Menurut Rosen, kutu tempat tidur cenderung menetap di sudut dan daerah lain pada sudut 90 derajat. Dia juga menyarankan wisatawan memeriksa daerah, mulai dari tempat tidur dan di dalam meja. Apa yang harus kita cari? serangga-serangga kecil, tanda-tanda keberadaan mereka seperti noda darah, telur benih yang berukuran kecil serta kerang transparan atau eksoskeleton.

2. Cerdaslah bongkar tas.

Rosen menyarankan untuk menggantung semua pakaian di lemari dan tidak melipatnya di dalam laci, karena kutu busuk bisa saja sudah menempati laci tersebut. Kemudian, jangan duduk di atas tempat tidur atau meletakkan apapun di tempat tidur, sampai yakin tempat tersebut sudah benar-benar bebas dari kutu.

3. Kembali ke rumah, mulailah mencuci.
Jika khawatir masih ada serangga yang terbawa pulang dengan Anda atau ingin mendapatkan keamanan yang lebih, cuci dan keringkan pakaian segera setelah pulang dari berlibur.

4. Obati gigitan kutu dengan kortikosteroid topikal
.
Jika bangun di pagi hari dengan gigitan kutu biasanya menjadi gatal, merah, dan bengkak, Anda dapat mengobati gatal-gatal dengan krim dari dokter atau dokter kulit. Di sisi positif, Anda tidak akan menangkap penyakit dari tungau. “Efek terburuk biasanya psikologis daripada fisik. Orang tidak suka memiliki sesuatu yang menggigit mereka di rumah mereka,” kata Rosen.

5. Telfon sang ahli.

Jika terlanjur terbawa ke rumah Anda, cara terbaik untuk benar-benar menghilangkan tungau dari rumah Anda adalah melalui pembasmi hama, yang menggunakan perangkap, insektisida, dan metode lain untuk membunuh hama. (*/e)

LEAVE A REPLY