Tips Naik Gunung Tetap Sehat

0
232

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Mendaki gunung kini menjadi tren gaya hidup bagi generasi muda. Selain menjadi tujuan liburan, juga ada rasa kebanggaan tersendiri jika sudah menjelajahi hutan hingga berakhir di puncak. Memang, rasanya gak keren jika belum sampai di puncak keabadian.

Sayangnya, gara-gara banyak yang menganggap naik gunung jadi tren, enggak sedikit remaja yang sampai harus memaksakan fisiknya demi mencapai puncak.

Menurut Febriansyah Putra, mantan pemandu acara Peppy The Explorer Trans TV dan juga pendiri Bolang Adventure14, ada tips naik gunung agar tetap fit. Ini tipsnya seperti dilansir laman CNNIndonesia. com, Ahad (09/10/2016):

01. Pastikan 1 minggu sebelum pendakian melakukan latihan fisik (jogging)

02. Sebelum berangkat ke tempat pendakian, pastikan kamu sudah tidur cukup dan makan besar.

03. Tidak usah bawa barang terlalu berlebihan, karena itu akan membuat beban bawaanmu semakin menghambat kekuatan jalanmu. Cukup bawa barang-barang yang bersifat survival seperti jaket, baju ganti, jas hujan, dan sleeping bag, serta barang-barang pribadi seperti obat dan makanan (tenda dan kompor dibawa kolektif)

04. Makanan yang wajib banget dibawa adalah makanan yang manis-manis seperti coklat dan lainnya. Bawa makanan yang siap saji dan simple juga ya (tinggal dihangatkan).

05. Minuman yang kalian bawa dari bawah, enggak perlu banyak-banyak. Cukup bawa satu botol untuk bisa diisi ulang di setiap sungai yang dilewati. Ini akan mengurangi beban tas kamu.

06. Selama perjalanan, jangan pakai baju terlalu tebal, kecuali memang cuaca lagi dingin banget. Karena baju terlalu tebal akan menghambat pernafasanmu di perjalanan

07. Hindari jalan terlalu cepat jika kamu seorang pemula. Jalan santai biasa aja, pelan-pelan sambil menikmati pemandangan akan lebih efektif.

08. Cari referensi jalur pendakian yang jelas sebelum pendakian (terutama ada beberapa pos pendakian selama pendakian, sumber air, dan lain-lain. Jika jalanan cukup curam atau terjal hindari banyak bicara atau membuka mulut karena itu untuk menghemat tenaga.

09. Pakai sepatu khusus sepatu pendakian trutama yang tahan air dan angin untuk mengurangi risiko kecelakaan pendakian.

10. Bawa tisu basah dan kering, dan gunakan tissue tersebut untuk mencuci muka setiap menemukan sungai, agar tetap segar sampai puncak. (*/C)

LEAVE A REPLY