Tips Memulai Karier Jadi Travel Blogger

0
53
Brunette girl working over laptop computer on the beach.

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Menjadi seorang travel bloger hampir menjadi impian banyak traveler. Kerjaan mereka hanyalah jalan-jalan dan dibayar. Berkunjung ke tempat indah di seluruh nusantara bahkan dunia, mungkin bagi sebagian besar orang itu adalah pekerjaan impian. Mungkin itu bila Anda hanya melihat sisi nyaman mereka. Membangun sebuah travel bloger bukanlah hal yang sederhana dan mudah.

Memulai, menjalankan, meningkatkan dan menjaga sebuah blog travel adalah hal yang sulit dan memakan waktu. Tidak serta merta ketika Anda membuat artikel pertama lantas uang berjatuhan dari langit. Intinnya adalah Anda harus bekerja keras, dibutuhkan ketekunan serta kreativitas.

Membangun sebuah travel blog itu seperti membangun sebuah bisnis, memerlukan manajemen waktu, kesabaran, serta dedikasi. Anda bisa melihat travel blog yang sukses, lihatlah postingan mereka dari pertama kali membuat blog tersesbut hingga yang terbaru. Pasti terlihat banyak perubahan yang mengarah ke hal yang lebih baik dan menuju kesuksesan.

Saat ini, aplikasi media sosial memiliki 800 juta orang pengguna. Dari berbagi foto dan video, penggunanya juga bisa jadi bintang alias selebgram. Travel blogger menjadi pilihan karier yang seru bagi kaum millennial, karena mereka yang populer sering diajak berwisata gratis untuk mempromosikan sebuah tempat wisata.

Sepert dilansir dari Travel and Leisure, Rabu (29/11/2017) berikut ini ialah tips atau cara untuk memulai karier sebagai travel blogger:

# Riset
Selain selfie, mulailah mengunggah dokumentasi mengenai hal menarik di sekeliling, mulai dari kuliner sampai tempat wisata. Tapi jangan lupa melakukan riset terlebih dahulu mengenai asal usul objek yang akan difoto, sehingga tidak salah memberikan informasi dan tidak menyinggung perasaan orang lain. Sampaikan informasi yang ingin disampaikan dengan sederhana dan singkat, sehingga pengguna yang awam bisa mengerti. Bisa juga menggunakan bahasa Inggris agar pengguna dari luar Indonesia ikut memahaminya, terutama saat mengunggah dokumentasi tempat wisata.

# Kualitas
Semakin banyak telepon genggam yang memiliki kamera canggih. Jika belum punya dana untuk membeli kamera profesional, bisa juga menggunakan kamera dari telepon genggam, asal mengerti cara mengambil gambar yang menarik.

# Tagar
Sisipkan tagar di setiap kalimat dokumentasi yang diunggah di Instagram untuk memudahkan pencarian. Jangan lupa juga sisipkan informasi lokasi agar foto dan video untuk memaksimalkan pencarian. Informasi ini akan berguna bagi pengguna lain yang sedang mencari tips mengenai kuliner atau tempat wisata.

# Komunikasi
Beri tanda suka untuk pengguna yang telah menyukai foto kita. Bisa juga balik mengikutinya jika memang dokumentasinya yang dipajang kita sukai. Menjalin komunikasi antar pengguna merupakan cara terbaik untuk membesarkan nama akun Instagram. Tetap bijaksana saat ada pengguna yang memberi komentar tak mengenakkan.

# Jangan lakukan ini
Jangan mengambil jalan pintas untuk membeli pengikut, jangan mencuri dokumentasi milik orang lain, serta jangan terlalu panjang dalam menulis kalimat dan tagar dalam foto atau video yang diunggah. Boleh saja memiliki persona di dunia maya, namun jangan sampai mimpi menjadi populer menghilangkan karakter asli dalam diri kita. (*)

LEAVE A REPLY