Tips Memotret Saat Kunjungi Galeri Seni

0
59
Memotret di Galeri Seni

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Galeri Seni menjadi wadah para seniman untuk menunjukkan hasil karya dan eksistensi mereka. Berkembangnya galeri seni di suatu tempat bahkan dianggap sebagai representasi dari hidupnya kesenian di daerah tersebut.

Jakarta, misalnya menjadi kota yang tak pernah sepi dari kesenian, apalagi kini mengunjungi galeri seni bukan lagi monopoli para seniman belaka. Berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orangtua dengan beragam latar belakang tak jarang juga menghabiskan waktu akhir pekannya di galeri seni. Bahkan galeri seni bisa menjadi referensi liburan akhir pekan Anda.

Saat berada di galeri seni, memang kurang lengkap jika tidak mengabadikannya, tidak foto selvie dan tidak punya kenang-kenangan. Karena itu, Redaktur Foto National Geographic, Matt Adams, memberikan tips fotografi untuk kunjungan ke galeri seni.

Simak lima tips sang redaktur foto mengenai bagaimana mendapatkan foto menarik yang bisa Anda ciptakan saat berkunjung ke museum atau galeri seni seperti dilansir laman Inilah.com, Senin (25/09/2017).

# Pilih lensa yang tepat

Sudah siap berangkat ke galeri seni? Sebelum menyiapkan perangkat kamera dan lensa Anda, pertimbangkan berapa banyak perangkat foto yang ingin dibawa. Usahakan agar hanya membawa satu atau dua lensa seperti lensa berukuran kecil 35mm atau 24-70mm mengingat sesi berburu foto di galeri ini sifatnya indoor. Pastikan juga apakah galeri yang Anda kunjungi menetapkan peraturan tidak boleh memakai lampu flash agar Anda tidak ditegur oleh petugas galeri karena melanggar peraturan.

# Pengunjung sebagai objek foto Anda

Perhatikan bagaimana pengunjung galeri berinteraksi dengan benda-benda yang ada di galeri. Semua orang mungkin bisa memotret lukisan terkenal yang ada di dinding, tetapi akan lebih menarik apabila Anda mencari komposisi yang lebih menarik. Dengan mengalihkan fokus kepada pengunjung, foto yang diambil akan terasa lebih hidup.

# Potret arsitektur galeri

Terkadang galeri memiliki desain arsitektur yang unik sehingga dapat menjadi objek yang menarik. Sebelum melangkah masuk ke galeri pastikan Anda mempelajari desain dari bangunan galeri yang dikunjungi. Carilah perspektif-perspektif yang sekiranya unik dan coba tangkap karakteristik unik yang dimiliki sang bangunan.

# Perhatikan pencahayaan

Galeri seni biasanya memiliki pencahayaan yang indah, entah itu cahaya natural yang dimasukan oleh jendela besar ataupun pencahayaan unik yang dihasilkan lampu-lampu di dekat instalasi seni.

# Jangan hanya memotret karya seninya

Tentunya ketika orang datang ke galeri seni mereka ingin mencari inspirasi atau untuk ditakjubkan oleh karya-karya seni yang ada. Jangan hanya memotret lukisan ataupun patung yang ada. Cari sesuatu menarik yang terjadi di ruangan dan jadikan itu bagian dari foto Anda, seperti contohnya foto di atas dimana pengunjung galeri melihat lukisan Mona Lisa yang terkenal itu. Selamat mencoba. (*)

LEAVE A REPLY