Tips Memotret Food Stylist

0
368

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Saat ini banyak profesi yang dapat dijadikan sebagai ajang untuk memperoleh keuntungan. Dengan menyalurkan hobi, seseorang dapat memperoleh royalti dan menciptakan kesenangan dalam dirinya. Salah satu hobi yang dapat dijadikan sebagai bisnis selain bisnis kue adalah fotografer makanan.

Dijumpai di acara ‘Story on A Plate’ , Vania Samperuru yang seorang ibu rumahtangga sekaligus //food stylist menceritakan ketertarikannya dengan dunia fotografi makanan. Ibu dari dua anak ini sudah mengembangkan hobi fotografinya dengan membuat blog pribadi yakni http: v-recipes.blogspot.co.id.

Dia menampilkan berbagai foto hasil jepretannya. Dalam beberapa foto selain menampilkan makanan, juga memperlihatkan bagaimana desain peralatan makanan dan situasi dari kafe-kafe tertentu.

Juga memberikan tips bagaimana caranya memperoleh foto menarik yang mampu menggugah emosi dari viewersnya. Berikut ini tips yang dibeberkan Vania:

01. Logic and Balance

Foto harus menampilkan gambar yang masuk akal. Maksudnya, saat akan mengambil gambar makanan tertentu, peralatan yang ditampilkan juga harus sesuai dengan yang digunakan agar tetap seimbang. Misalnya ketika akan mengambil gambar sebuah
puding, tidak wajar jika meletakkan sebuah pisau karena pisau tidak dapat digunakan sebagai peralatan untuk mengonsumsi pudding.

02. Konsep

Dalam memberikan konsep sebuah gambar, berikan objek yang terbaik. Misalnya saat akan menampilkan gambar roti, pilihlah roti-roti dengan postur yang terbaik (bentuk dan warna yang menarik) agar hasil foto terlihat sempurna.

03. Koordinasi warna

Seorang fotografer harus memiliki ilmu dasar tentang warna dasar (dapat dilihat di internet). Setelah itu, warna dasar tersebut dapat dikombinasikan. Misalnya dengan menggabungkan tiga warna yang berdekatan agar memperoleh hasil warna yang terbaik.

04. Properti

Dalam pemilihan properti yang digunakan, kebanyakan orang memilih warna putih karena warna tersebut adalah warna paling aman dalam pengambilan gambar. Agar lebih unik, sebetulnya bisa menggunakan beberapa warna (tetap memperhatikan warna dasar). Selain itu, properti yang harus diperhatikan adalah dalam hal jenis makanan dan wadah. Dianjurkan untuk memberikan wadah yang tidak biasa (misalnya cake yang diletakkan di talenan) agar berbeda dengan yang biasanya.

05. Komposisi

Seperti yang dikatakan oleh Captain Ruby, garis-garis cinta tetap menjadi yang harus diperhatikan dalam mengambil gambar terbaik. Foto dapat diletakkan di tengah garis atau tepat di ujung garis pertemuan horizontal dan vertikal. Jika banyak orang yang mengatakan bahwa objek yang diletakkan tepat ditengah garis itu sangat membosankan, hal itu dapat di akali dengan memberikan warna, memainkan tekstur dan cahaya agar lebih menarik. (*/RO)

LEAVE A REPLY