Tips Melancong Luar Negeri Jangan Lupa Benda Penyelamat

0
67

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Butuh persiapan ekstra untuk berwisata ke luar negeri. Selain jaket dan payung, berikut ini ialah benda yang wajib dibawa untuk selama berada di sana. Benda penyelemat ini kadangkala disepelekan, padahal sangat dibutuhkan.

Beberapa benda penyelamat itu antara lain, seperti dilansir Liputan6.com, Senin (02/10/2017):

# Salinan data pribadi

Sebelum berangkat, salin dokumen pribadi yang dibawa, seperti paspor, tiket, dan kartu identitas resmi. Jangan bawa dokumen asli saat berkeliling, bawa saja salinannya untuk berjaga-jaga.

# Aplikasi peta dan cuaca

Aplikasi peta wajib diunduh jika tak ingin merepotkan orang sekitar untuk bertanya. Begitu juga dengan aplikasi cuaca, sehingga tidak salah kostum saat berjalan-jalan.

# Tas lipat

Selagi beban koper belum mencapai batas maksimal, berarti masih ada kesempatan untuk menjejalkannya dengan oleh-oleh. Bawa tas lipat yang bisa digunakan saat koper tak lagi muat.

# Kaus dan jins hitam

Drama membawa baju sebenarnya bisa diatasi jika yang dibawa ialah baju berwarna gelap, sehingga bisa tak terlalu sering berganti. Siapkan kaus dan jins hitam yang bisa dicuci berulang kali untuk berjaga-jaga.

# Kartu telepon lokal

Setiap negara biasanya memiliki kartu telepon dengan paket khusus turis. Kartu telepon lokal ini bisa dibeli di bandara. Biasanya, kartu telepon lokal memiliki fasilitas wi-fi gratis.

# Uang tunai

Hanya tukar uang yang dibawa ke uang lokal di tempat yang resmi dan aman. Jika belum menemukan tempat penukaran yang dirasa menguntungkan, jangan sekaligus menukarkan uang agar tak rugi. Habiskan koin sebelum dibawa pulang, karena koin tidak bisa ditukarkan ke mata uang asli.

# Kartu kredit

Bagi yang tak ingin repot, bawa saja kartu kredit untuk pembayaran. Hubungi bank sebelum membawa kartu kredit ke luar negeri, sehingga bisa mengetahui dengan pasti cara menggunakannya. Penting sekali membandingkan nilai tukar antara kartu kredit yang satu dengan kartu kredit lainnya, agar bisa mengontrol jumlah tagihannya. (*)

LEAVE A REPLY