Tips Lokasi Wisata Camping Ideal

0
53
Pantai Greweng, Gunungkidul, Yogyakarta. (Sumber Foto: prithawibisono/Instagram)

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Berwisata tak harus melulu di dalam ruang dan hanya terbatas kotak-kotak kota, entah kuno atau metropolitan. Ternyata, sejumlah pelancong cewek juga gemar menghabiskan waktu di alam. Kontras latar berpanorama memukau boleh saja jadi salah satu alasan memilih destinasi dengan nuansa berbeda.

Jauh, begitu jauh, dari deskripsi monoton, alam merupakan rumah bagi rentetan agenda seru, termasuk camping. Ya, ide kegiatan yang satu ini memang sudah begitu akrab. Menawarkan sejumlah keasyikan (yang tak jarang disertai kerepotan), berkemah digunakan sebagai salah satu cara untuk sejenak meninggalkan rutinitas.

Bila kamu berniat camping tapi masih bingung hendak ke mana, maka ulasan berikut sebaiknya disimak baik-baik. Seiring populernya wisata camping, kamu jadi punya opsi lebih banyak saat ingin berkemah. Apakah itu yang sudah cukup instan atau tetap melakukan berbagai persiapan sendiri.

Jadi, ke mana saja sebaiknya pergi bila kamu, para cewek, ingin camping? INi ada tips lima lokasi wisata yang ideal, menarik, spaktukler yang enak dikunjungi, seperti dilansir laman Bintang.com, Kamis (19/05/2017)

01. Bumi Perkemahan Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Berada di kaki Gunung Sibayak, tempat camping yang satu ini ada di ketinggian 864 meter di atas permukaan laut. Tempat ini punya kontur tanah berbukit-bukit dengan udara sejuk yang bisa dijumpai di tiap tarikan napas. Punya luas mencapai ratusan hektare, bumi perkemahan ini pernah jadi tuan rumah Jambore Nasional Pramuka pada tahun 1977 yang diikuti oleh puluhan ribu anggota Pramuka dari seluruh Indonesia dan sejumlah perwakilan negara tetangga. Bisa dikatakan cukup terkenal, apalagi ada keelokan Air Terjun Dua Warna di dalamnya.

02. Rancaupas, Bandung, Jawa Barat.

Merupakan salah satu destinasi top di Bandung, area perkemahan ini telah dilengkapi berbagai fasilitas. Namun demikian, bukan berarti kamu tak bisa menemukan nuansa alami. Selain panorama matahari terbit yang memukau, tempat ini juga dikenal sebagai rumah bagi rusa ‘liar’. Dibiarkan lepas begitu saja dalam satu area, kamu bisa dengan leluasa melihat aktivitas hewan berkaki empat tersebut. Scene yang demikian, plus udara Ciwidey yang dingin-dingin-sejuk, plus pemandangan magical saat cahaya matahari berusaha menembus rapat pepohonan ekaliptus, membuat Rancaupas menarik untuk disambangi.

03. Pantai Greweng, Gunungkidul, Yogyakarta.
Tak hanya jadi tempat di mana kamu bisa melakukan aktivitas air, pantai-pantai di Gunungkidul juga dikenal sebagai sudut menarik untuk mendirikan tenda. Di antara sederet nama, Pantai Greweng mungkin masih jadi satu bunyi asing. Berada di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, tepatnya di sisi timur pantai Wediombo, pantai ini sering jadi pilihan muda-mudi Kota Budaya untuk camping. Selain suasana yang masih cukup sepi, pantai ini juga punya gua dan jalur tracking menantang. Di sini juga ada aliran air tawar yang bisa digunakan untuk mandi.

04. Coban Rondo, Malang, Jawa Timur.

Nama kawasan air terjun yang satu ini tak lagi bisa dikatakan asing. Merupakan salah satu destinasi populer di Kota Bunga, Coban Rondo tak hanya soal elok air terjun dan menawannya taman labirin. Di sini, kamu juga bisa berkemah. Udara di lokasi perkemahan sangat sejuk dan asri. Area untuk mendirikan tenda juga relatif luas dan nyaman. Air bersih mengalir sepanjang waktu dan sarana MCK juga cukup memadai. Kalau ingin suasana yang sedikit lebih sepi, jangan datang saat hari libur maupun akhir pekan.

05. Telaga Cebong, Dieng Plateau, Jawa Tengah.

Masa kamu tak ingin menikmati sensasi berkemah di desa tertinggi di Pulau Jawa? Ya, pengalaman tersebut bisa diraih dengan (semudah) menyambangi kawasan Dieng Plateau. Berada di ketinggian sekitar 2.200 meter di atas permukaan laut, kamu sudah pasti akan terkagum dengan panorama alam memukau tepat di luar tenda. Dengan berkemah di sini, kamu bisa jadi lebih mudah trekking ke Puncak Sikunir untuk berburu golden sunrise Dieng yang ternama. (*/bin)

LEAVE A REPLY