Tips Liburan Naik Kapal Pesiar Bersama Anak

0
1015
Naik kapal pesiar

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Biasa berlibur di daratan bersama keluarga, tentu akan bisa terasa mengasyikkan untuk mencoba paket wisata berlayar dengan kapal pesiar (cruise). Anak-anak akan diajak naik kapal pesiar, menikmati fasilitas kapal pesiar seperti kolam renang, pusat perbelanjaan, hingga tidur di kabin-kabin berbagai kelas sambil melihat pemandangan laut lepas.

Tentunya, berwisata menggunakan kapal pesiar dengan keluarga juga perlu perencanaan yang matang agar liburan terasa menyenangkan. Cruise Consultant dari agen wisata Cruise Center, Naomi kepada KompasTravel membagikan tips yang perlu perhatikan ketika ingin berlibur dengan kapal pesiar bersama anak-anak.

01. Tanyakan fasilitas di kapal pesiar

Tiap kapal pesiar punya fasilitas yang berbeda seperti tempat main anak yang bisa digunakan gratis, makanan gratis ataupun kolam renang. Tanyakan perihal syarat-syarat untuk menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut.

02. Pilih tujuan yang dekat
Anak-anak cenderung akan bosan ketika menempuh perjalanan jauh sebelum mulai perjalanan berlayar dengan kapal pesiar. Beberapa operator kapal pesiar mensyaratkan wisatawan untuk berangkat dari titik yang ditentukan yang tentunya bukan di Indonesia. Pilihlah tujuan yang tak jauh dan tak memakan waktu lama. Dok. Royal Caribbean International Royal Caribbean International meluncurkan Quantum of the Seas, pada November 2014, tampak di foto adalah kamar Grand Loft Suite dengan balkon.

03. Rencanakan dari jauh hari

Saat ingin berwisata dengan kapal pesiar maupun liburan pada umumnya, rencanakan sejak jauh hari. Wisatawan bisa mendapatkan harga-harga menarik untuk paket wisata kapal pesiar tersebut. Selain itu, perencanaan dari jauh hari akan memberi waktu untuk berdiskusi bersama anak untuk menentukan tujuan liburan dengan kapal pesiar.

04. Perlengkapan bayi

Jika berlibur bersama si buah hati yang masih berumur tiga tahun, jangan lupa persiapkan perlengkapan bayi seperti popok, botol susu, tisu basah, mainan, baju ganti, dan perlengkapan kecil lain. Di kapal pesiar akan sulit menemukan perlengkapan bayi dan jika ada tentu harganya akan mahal.

05. Obat-obatan pribadi

Walaupun di dalam kapal pesiar terdapat klinik pengobatan untuk wisatawan, tetaplah untuk membawa obat-obatan pribadi jika memiliki penyakit-penyakit khusus. Hal tersebut bisa mencegah hal-hal yang tak diinginkan saat penyakit kumat. Operator kapal pesiar terkadang menawarkan paket-paket berwisata begitu kapal merapat di pelabuhan. Supaya anak tak merasa lelah, tetaplah berada di kapal untuk menikmati fasilitas yang ada di dalam kapal pesiar. Dengan begitu, keakraban antara orang tua dan anak-anak akan tetap terjaga.

06. Sediakan uang cadangan

Dengan berbagai fasilitas di kapal pesiar terkadang memerlukan biaya untuk dapat memanfaatkannya. Belum lagi pusat perbelanjaan dan juga tips untuk pemandu wisata. Sediakan uang cadangan dengan mata uang dollar Amerika Serikat.

07. Perhatikan jadwal aktivitas
Setiap wisatawan yang mengikuti paket wisata kapal pesiar, nantinya akan mendapatkan jadwal aktivitas setiap hari. Di sana terdapat kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan saat berada di dalam kapal pesiar seperti snack time atau acara-acara yang diadakan di atas kapal. Baca dan cermatilah jadwal aktivitas tersebut. (*/k)

LEAVE A REPLY