Tips Liburan Bertepatan Datang Bulan

0
47

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Bagi kaum hawa ada saja halangan saat mengisi waktu liburan. Tamu bulanan itu, tidak bisa dihindari. Apalagi bertepatan saat liburan malah mengalami menstruasi bertepatan dengan saat berlibur? Tak mengenakan memang, namun masalah yang satu itu, kadang membuat tak nyaman, juga menganggu lancarnya liburan.

Di bawah ini ada beberapa tips liburan tetap nyaman meski sedang datang bulan, seperti dilansir laman Female First, Sabtu (25/11/2017):

# Perhatikan pilihan pakaian renang

Pilihlah bikini warna hitam atau warna gelap lainnya. Ini untuk menyamarkan noda apabila Anda bocor.

# Ikat rambut

Beberapa dari Anda mungkin mengalami rambut menjadi lebih berminyak saat datang bulan, hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormon esterogen sebelum menstruasi. Agar rambut tetap nampak sedap dipandang, sebaiknya jangan diurai. Anda bisa mengepang atau mengikatnya.

# Pilih ukuran yang tepat

Melakukan sederet aktivitas saat berlibur terkadang membuat Anda cemas bocor. Sebaiknya Anda bisa memilih ukuran pembalut yang pas agar tetap nyaman dan tak takut bocor.

# Bawa amunisi

Jangan lupa untuk membawa ‘amunisi’ cadangan kala berlibur. Anda perlu menyediakannya untuk berjaga-jaga dalam keadaan darurat, baik pembalut, celana, dan kantong pembuangan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak terduga. Siapa tahu perjalanan singkat berubah menjadi perjalanan panjang, jika tidak mempersiapkan pembalut di tas kecil Anda. Jangan sampai kejadian ini terjadi pada Anda. Taruh pembalut di setiap tas, niscaya perjalanan Anda akan lancar.

# Ganti pembalut sesering mungkin

Setiap ada kesempatan, usahakan mengganti pembalut Anda. Karena, Anda tidak tahu apa yang akan terjadi di sepanjang perjalanan. Idealnya Anda berganti pembalut 3 kali dalam sehari. Pastinya Anda tidak nyaman kan, jika terlalu lama memakai pembalut yang sama?

# Jangan lupa membawa tissue kering dan basah

Tidak setiap toilet menyediakan air dan tissue. Apalagi pada saat Anda bepergian ke luar negeri. Selain itu, tidak semua toilet umum itu terjamin kebersihannya. Alangkah baiknya jika Anda membawa tissue sendiri. Selain untuk kebersihan, hal ini juga berguna untuk kenyamanan Anda.

# Jangan buang bekas pembalut dan tissue sembarangan

Tempat sampah di toilet umum banyak yang terbengkalai. Ada tempat sampah yang sudah penuh, ada yang terisi air, bolong, tidak layak pakai, bahkan ada toilet yang tidak menyediakan tempat sampah. Disarankan, Anda membawa kantong plastik sendiri. Gunanya untuk menyimpan bekas pembalut dan tissue yang sudah Anda pakai. Anda bisa membuang plastik tersebut setelah menemukan tempat sampah terdekat.

# Pakai pakaian favorit

Mengenakan pakaian musim panas favorit akan meningkatkan kepercayaan diri Anda. Dengan begitu, ini akan menutupi rasa tak nyaman dalam kondisi menstruasi.

# Menjaga asupan makanan

Anda disarankan tidak memesan makanan yang banyak lemak jenuh, karena ini bisa menambah rasa sakit. Sebaiknya Anda perbanyak konsumsi buah, seperti pisang yang mengandung vitamin B6 dan pottasium. Ini bisa menghindarkan Anda dari kram otot dan tidak enak badan. Ada baiknya Anda mempersiapkan vitamin sebagai asupan tubuh. Selain itu, Anda juga harus beristirahat dengan baik dan cukup. Tentunya Anda tidak ingin menghabiskan liburan di tempat tidur penginapan kan? (*)

LEAVE A REPLY