Tips Liburan Bersama Keluarga Tanpa Repot

0
101
Lburan bersama keluarga

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Liburan jadi bagian penting di dalam kehidupan, bahkan di dalam keluarga. Meski banyak yang beranggapan jika liburan bersama keluarga merupakan sebuah tantangan karena merepotkan, namun hal itu akan terbayar lunas ketika melihat anggota keluarga bisa lebih akrab satu sama lain.

Disisi lain, liburan bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga, sekaligus menjadi suatu kesempatan bagi Anda untuk menghilangkan kepenatan dan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari.

Jadi jangan khawatir, liburan keluarga tidak akan menjadi beban selagi Anda bisa mengkomunikasikan bersama anggota keluarga. Kemanapun tujuan liburan, ada baiknya mempersiapkan diri dengan baik agar liburanmu bisa berjalan seru tanpa repot. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu baca terlebih dahulu sebelum mulai berlibur menyenangkan bersama keluarga:

#. Rencanakan sejak jauh hari

Merencanakan liburan sejak jauh hari bisa dimulai dengan menentukan tanggal keberangkatan. Tentukan tanggal dari jauh hari agar seluruh anggota keluarga bisa segera mengosongkan jadwal. Diskusikan dengan setiap anggota keluarga agar jadwal liburan tidak saling bertabrakan. Meski tidak mudah, menetapkan kapan waktu untuk berlibur dari jauh hari juga akan membantu Anda melewati setiap tahapan persiapan liburan, sehingga perencanaan yang dilakukan lebih terorganisir.

#. Reservasi hotel dan pesawat

Ketika semua anggota keluarga sudah sepakat, segera lakukan reservasi hotel dan pesawat. Dengan begini, biaya yang Anda keluarkan akan cenderung lebih murah karena memesannya jauh dari hari keberangkatan. Selain itu, hal ini juga dapat membantu Anda memilih hotel yang aman, nyaman, dan strategis untuk dihuni seluruh anggota keluarga. Tidak mau kan liburan Anda terhambat karena kehabisan kamar hotel ataupun tiket pesawat?

#. Riset itinerary

Lakukan riset dan perencanaan agar bisa menentukan apa saja yang harus dibawa serta apa saja yang bisa dilakukan di tempat destinasi. Hal ini penting untuk dilakukan agar liburan keluarga yang sudah direncanakan tidak berantakan. Di sisi lain, cara tersebut merupakan solusi agar liburan Anda dan keluarga berjalan efektif. Agar liburan semakin berkesan, jangan lupa memilih aktivitas yang menyenangkan dan dapat dinikmati seluruh anggota keluarga. Misalnya liburan ke Bali, rafting di Sungai Ayung Ubud atau mengunjungi Bali Zoo bisa menjadi pilihan yang tepat karena orang dewasa dan anak-anak bisa sama-sama menikmatinya.

#. Jaga kesehatan hingga keberangkatan

Selalu ingat bahwa tujuan liburan ini adalah untuk bersenang-senang! Jadi, pastikan untuk tidak kelelahan sebelum berangkat atau selama berada di lokasi liburan. Pasalnya, bila ada salah satu anggota keluarga yang sakit, tentu akan membuat liburan kurang seru. Selain itu, usahakan waktu liburan tidak diganggu oleh urusan pekerjaan. Selesaikan semua pekerjaan sebelum cuti atau delegasikan beberapa tugas kepada rekan kantor. Jadi saat di tempat liburan, Anda bisa menikmati momen bersama keluarga sepenuhnya.

#. Bawa barang diperlukan

Saat melakukan liburan smartphone merupakan salah satu gadget yang tidak boleh sampai tertinggal. Karena dengan smartphone, bisa mengabadikan liburanmu dengan berfoto, menikmati musik, atau mencari tahu tempat terbaik yang bisa dikunjungi. Jika ternyata lupa bawa charger untuk gadgetmu, coba tanyakan pada resepsionis hotel tempatmu menginap. Mereka biasanya menyimpan beberapa charger yang tertinggal oleh tamu-tamu sebelumnya. Siapa tahu ada satu yang cocok dengan smartphonemu jadi kamu bisa meminjamnya terlebih dahulu.

#. Adaptasi dengan warga lokal

Mempelajari kebiasaan penduduk lokal juga bisa menjadi petualangan seru tersendiri. Nah, untuk bisa lebih baik mempelajari kebiasaan penduduknya, maka ada baiknya kamu juga mencari tahu bagaimana penduduk lokal makan daripada terus-terusan makan di restoran mahal, bukan? Pergilah ke pasar lokal di pagi hari, dan kamu akan bisa melihat sendiri makanan apa yang dikonsumsi masyarakat. Lebih seru lagi, kamu juga bisa mencobanya sendiri seperti apa rasa makanan khas mereka. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.