Tips Jaga Keselamatan Anak Saat Liburan

0
71
Flying Fox

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Bagi sebagian turis, berwisata dengan anak terasa jauh lebih menyenangkan. Tapi, butuh kewaspadaan ekstra agar kesehatan dan keselamatan anak yang dibawa tetap terjaga. Tak perlu jauh-jauh ke Bali atau London. Di pusat perbelanjaan besar terdekat saja masih banyak terlihat anak yang hilang dari orang tuanya.

Berikut ini ialah beberapa tips sederhana untuk menjaga anak selama berlibur bersamanya:

01. Sebelum keluar rumah, ingatkan anak untuk selalu berada di dekat orang yang dikenalnya, seperti nenek, kakak atau saudara kandungnya. Minta anak untuk tidak menuruti permintaan orang asing yang tidak dikenal.

02. Beri anak tas kecil yang berisi informasi kontak penting seperti nomor telepon genggam orang tua atau nomor telepon hotel. Ingatkan mereka untuk mencari petugas keamanan resmi saat hilang di tengah kerumunan.

03. Selalu genggam tangan anak saat berjalan di pinggir jalan atau menyebrang jalan. Pastikan anak berjalan di sisi yang aman. Tabiat pengemudi kendaraan berbeda di tiap daerah atau negara, jadi jangan lengah saat sedang berjalan kaki.

04. Cek lebih seksama kondisi hotel, mobil sewaan atau peralatan sewaan (seperti peralatan snorkeling) sebelum digunakan. Pastikan segala kondisinya baik dan tidak membahayakan keselamatan. Saat duduk di mobil sewaan, anak di bawah umur wajib duduk di bangku tengah dengan sabuk pengaman.

05. Ketahui kondisi kesehatan anak sebelum diajak liburan. Jangan panik saat anak sakit, segera hubungi dokter langganan untuk konsultasi, sebelum ditangani oleh dokter setempat. Bisa juga menghubungi agen asuransi agar mengetahui biaya yang bisa ditanggung saat anak sakit.

06. Anak di bawah umur sedang senang berlari ke sana ke mari, baik di lorong pesawat terbang sampai lorong hotel. Ingatkan agar mereka agar tak menciptakan kegaduhan atau memegang sesuatu yang berbahaya. Jangan lengah, tetap awasi mereka dari tempat duduk.

07. Beri anak makanan, minuman atau camilan yang selalu terjaga kebersihannya. Selalu bawa tisu basah untuk menghindari penularan kuman melalui tangan dan mulut.

08. Sepulang dari liburan, perhatikan kondisi anak. Jika ada lebam atau suhu tubuh meninggi, segera bawa anak ke dokter langganan. (*/CNN)

LEAVE A REPLY