Tips Hemat Pengeluaran Agar Impian Wisata Terwujud

0
267

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Salah satu alasan paling umum yang dapat menunda perjalanan atau jalan-jalan yaitu masalah keuangan. Namun, masalah itu dapat diatasi jika Anda serius berkomitmen untuk mencapai tujuan. Hal ini juga dibuktikan seorang perempuan.

Michelle McGagh baru-baru ini menulis “buy nothing” year. Dia tidak membeli apa-apa kecuali kebutuhan dasar antara lain tagihan listrik, bahan makanan, asuransi, produk pembersih, sumbangan amal dan kredit rumah.

Usai satu tahun memotong biaya tak perlu, ia mampu menabung sekitar US$ 27.680 atau sekitar Rp 370,01 juta (asumsi kurs Rp 13.367 per dolar Amerika Serikat). Ia pun menggunakan uang itu untuk melunasi kredit perumahannya. Hal yang ia lakukan cukup ekstrem.

Namun ada banyak orang sebenarnya dapat memangkas kembali pengeluarannya. Bagi mereka yang ingin hemat uang untuk perjalanan tapi tak tahu mulai dari mana maka dapat memulai dengan tak “membeli apa-apa” dalam setahun. Selain itu belajar untuk habiskan lebih sedikit.

Lalu apa saja pengeluaran yang dapat dihemat? Ada tips menarik hemat pengeluaran, seperti dikutip dari laman travel and leisure, Rabu (25/1/2017), antara lain:

01. Kopi

McGagh memperkirakan, kalau lebih dari satu tahun dia menghabiskan biaya hampir US$ 500 untuk membeli kopi setiap tahun. Membeli kopi terutama di kafe secara harian dapat menambah biaya pengeluaran Anda. Mungkin Anda bisa kurangi pengeluaran untuk minum kopi di kafe.

02. Transportasi

McGagh juga menghemat biaya transportasi. Kemana pun dia pergi maka menggunakan sepeda. Mungkin cara ini tidak tepat untuk semua orang. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan angkutan umum lebih murah untuk hemat biaya transportasi.

03. Hiburan

Biaya hiburan antara lain konser dan kegiatan lainnya dapat menghabiskan anggaran. Akan tetapi, bila Anda jeli maka Anda bisa dapat hiburan gratis sesuai dengan minat Anda misalkan nonton film gratis di museum, dan memiliki kartu perpustakaan untuk pergi membaca.

04. Liburan pendek

Meski tergoda untuk menghabiskan untuk liburan di luar kota pada akhir pekan. Sebaiknya Anda simpan uang untuk liburan pendek tersebut untuk perjalanan yang sudah direncanakan dalam jangka panjang. (*)

LEAVE A REPLY