Tips Berlibur Tanpa Bikin Keuangan Carut Marut

0
196

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Berlibur memang menyenangkan. Selain melepas kepenatan akibat rutinitas aktifitas, juga untuk mengisi waktu liburan sekaligus sarana pelepas stres. Harapannya, setelah kembali dari liburan, badan dan pikiran akan segar kembali, sehingga siap untuk bekerja dengan produktif.

Adakalanya setelah liburan, malah terbebani oleh kondisi keuangan yang limbung akibat banyaknya pengeluaran saat liburan dan tagihan yang mulai berdatangan. Agar liburan tidak menimbulkan masalah terutama berkaitan keuangan agar tidak carut marut, perlu menerapkan tips berikut ini seperti dikutip laman Cermati.com:

01. Mulai menabung

Kesulitan keuangan setelah liburan salah satunya disebabkan karena tidak adanya dana yang disiapkan khusus untuk liburan, sehingga kegiatan berlibur akhirnya mengambil dana dari pos lain. Untuk itu, cara yang paling sederhana untuk menyiapkan dana liburan adalah dengan menabung. Tentukan kapan Anda ingin berlibur dan berapa dana yang harus ditabung setiap bulannya mulai dari sekarang. Bila tidak mempunyai target waktu tertentu, maka Anda dapat menabung berdasarkan kondisi keuangan dan prioritas kebutuhan

02. Buat daftar kebutuhan

Rencanakanlah liburan dari jauh hari, dan persiapkan daftar kebutuhan Anda. Catat secara terperinci agar tak ada kebutuhan terlewat dan bisa mempersiapkan dana dengan tepat. Ada cukup banyak pos kebutuhan liburan, misalnya biaya transportasi, akomodasi, konsumsi, biaya masuk ke tempat wisata. Untuk biaya transportasi dan akomodasi, bisa berpeluang mendapatkan promo tertentu yang menawarkan harga jauh lebih murah dari biasanya.

03. Gunakan agen perjalanan

Banyak orang berpikir, untuk menghemat biaya perlu perjalanan sendiri atau dengan cara backpacker. Memang tak sepenuhnya salah. Namun lebih cocok dilakukan bila cukup menguasai mengenai tempat tujuan wisata dan sudah melakukan survei yang mendalam. Mengatur perjalanan sendiri lebih rumit karena harus menyusun jadwal, mempelajari rute transportasi, mengatur konsumsi sendiri. Sehingg harus menghitung detil kebutuhan anggaran hingga ke pos-pos terkecil.

Nah, Bila belum berpengalaman, bukan penghematan didapat justru kebingungan dan menghabiskan biaya lebih banyak, waktu terbuang karena harus mencari jalan atau tempat tertentu. Solusinya, dapat menggunakan jasa agen perjalanan yang memberi kemudahan karena mereka yang mengurus berbagai hal mulai akomodasi, transportasi, konsumsi, hingga rute dan jadwal perjalanan.

04. Ingat, beaya tak terduga

Bawalah uang secukupnya sesuai perkiraan dan lebihkan 10% untuk biaya tak terduga. Dengan membawa uang terbatas, lebih mudah tersadar dan mengontrol pengeluaran. Hindari menggunakan kartu kredit atau meminjam dari teman kecuali benar-benar membutuhkan. Pinjaman tentu harus dilunasi ketika kembali sehingga bila tidak dikontrol dengan bijaksana membuat kesulitan di kemudian.

05. Batasi belanja

Saat berlibur tentu akan banyak menjumpai benda khas atau oleh-oleh yang menarik, namun kendalikanlah agar tidak melebihi anggaran Anda. Begitu pula untuk keperluan oleh-oleh, jangan sampai memaksakan dana Anda untuk membelikan oleh-oleh bagi seluruh teman atau relasi. Anda dapat mengakalinya dengan cara memberikan per kelompok sehingga meminimalisir pengeluaran.

06. Pikirkan Juga Keuangan pasca berlibur

Pengaturan keuangan untuk liburan membutuhkan perencanaan matang dan semakin awal Anda merencanakan, akan mudah untuk dilaksanakan. Tentunya liburan yang menyenangkan bukan hanya saat berlibur, tetapi saat kembali pun Anda tidak terbebani oleh tagihan atau kondisi keuangan yang seret, sehingga dapat benar-benar fokus untuk kembali bekerja. (*)

LEAVE A REPLY