Tips Berlibur Camping di Alam Bebas

0
671

JAKARTA, biniswisata.co.id: Menghabiskan liburan akhir pekan dengan berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, menonton di bioskop, atau sekadar berburu kuliner adalah hal yang jamak dilakukan oleh masyarakat urban. Ada solusi menarik habiskan akhir pekan dengan cara berbeda? Sesekali cobalah habiskan waktu senggang Anda dengan berlibur di alam bebas, dengan berkemah, yang kini menjadi trend baru untuk berwisata.

Berkemah atau camping bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk Anda lepas dari hiruk pikuk kota. Anda pun dapat menjernihkan pikiran dengan menyaksikan asrinya lingkungan di alam bebas, setelah terbiasa disuguhi pemandangan perkotaan. Saat hendak berkemah, Anda perlu memperhatikan banyak hal, mulai dari waktu, kondisi fisik, serta peralatan yang akan dibawa.

Persiapkanlah diri Anda untuk berkemah agar berjalan sesuai rencana. Tak kalah penting, Anda juga perlu menyiapkan peralatan yang dibawa ketika berkemah. Berikut adalah beberapa peralatan yang tak boleh Anda lupakan saat berkemah:


01. Tenda

Tidak akan menjadi berkemah bila saja Anda tak membawa tenda. Ya, tenda dengan segala perlengkapan lainnya seperti pasak dan tali wajib Anda bawa untuk mendirikan sebuah hunian darurat di alam bebas. Anda pun harus memastikan tenda tidak rusak atau bolong agar bisa menjadi tempat yang nyaman untuk istirahat.

02. Matras

Benda yang satu ini juga tak boleh dilupakan. Kondisi tanah yang terkadang tidak rata bisa membuat Anda tidak bisa tidurdengan nyenyak. Bawalah matras sebagai alas ketika Anda berkemah agar bisa terlelap dengan pulas.

03. Sleeping Bag

Buatlah diri Anda senyaman mungkin ketika bermalam di perkemahan. Salah satunya caranya bisa dengan membawa sleeping bag. Kantong tidur ini selain menjadi tempat tidur yang nyaman, juga ampuh menahan hawa dingin sehingga tubuh bisa menjadi lebih hangat.

04. Kompor “Portable”

Perlengkapan makan seperti kompor juga tak boleh ketinggalan untuk dibawa. Kompor menjadi benda penting demi kelangsungan perut Anda saat di alam bebas. Pilihlah kompor portable yang praktis dan mudah dibawa. Peralatan makan seperti piring, sendok, garpu, gelas/mug, tempat air juga jangan lupa untuk tidak dibawa.

05. Makanan

Anda harus membawa persediaan makanan yang cukup ketika berkemah. Bawalah makanan yang mudah dimasak seperti mi instan. Anda juga bisa menyelipkan roti, sosis, atau makanan kaleng sebagai bekal ketika berkemah. Perlengkapan Makan Setelah bahan makanan sudah siap sedia, jangan lupa untuk membawa pula peralatannya. Bawalah perlengkapan makan pribadi selama Anda berkemah. Piring, gelas, sendok, garpu, dan botol minum menjadi peralatan yang penting dibawa untuk Anda bersantap saat berkemah.

06. Pakaian & Jaket

Pakaian yang dibawa lebih nyaman dan nampak santai adalah kaos lengan panjang. Juga celana dengan banyak kantong. Selain training pack, bawa juga sarung untuk penahan dingin dan sholat, bagi yang beragama islam.Juga saat hawa dingin di alam bebas yang bisa saja membuat Anda kedinginan. Untuk mengatasinya bawalah jaket tebal sebagai “kostum” Anda saat berkemah. Benda yang satu ini bisa meredam hawa dingin agar tubuh tetap hangat. Jaket tebal, dari bahan nilon berlapis kain dan berponco yang selalu disarankan saat berkemah. Juga membawa pakaian cadangan sangat penting.

07. Obat-obatan

Jangan sepelekan hal ini. Bila Anda mengidap penyakit tertentu, sebaiknya selalu membawa obat-obatan pribadi ke mana-mana, tak terkecuali saat berkemah. Hal ini sebagai bentuk antisipasi bila sewaktu-waktu penyakit Anda kambuh.

08. Ranse
l
Membawa ransel adalah hal yang penting karena semua peralatan yang dibawa nampak praktis dengan memasukkan dalam ransel. Tentukan ransel yang ringan dan anti air untuk mengantisipasi hujan turun sehingga barang bawaan yang dibawa tidak basah.

09. Sepatu

Sepatu; gunakan sepatu yang menutupi mata kaki. JUga kaos kaki; membawa cadangan kaos kaki dan simpan dalam plastic. Bahkan Sarung tangan; untuk pelindung dan penahan dingin.

10. Peralatan lainnya

Senter; selain utnuk penerangan, berguna juga untuk memberi isyarat. Peluit; berguna untuk berkomunikasi. Korek api; baik itu korek api gas atau korek api kayu dan simpan dalam tabung bekas film agar aman. Ponco; berguna untuk jas hujan, tenda darurat, alat tidur dan lain-lain. Jika tidak ada ponco, bawalah plastic tebal selebar taplak meja. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY