Tips Barang Bawaan saat Liburan

0
507
Knapsack, wicker hat and sandal on the sandy beach; Shutterstock ID 72920806; PO: aol; Job: production; Client: drone

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Liburan panjang pada Mei 2016 sudah diambang pintu. Tentunya liburan kali ini tidak bisa diabaikan begitu saja, tanpa melakukan perjalanan wisata. Jika sudah menentukan destinasi wisata yang dituju, dengan persiapan anggaran yang matang.

Bahkan, liburan menyenangkan dan berkesan didukung persiapan yang matang. Salah satu persiapan yang diperlukan adalah barang bawaan yang lengkap dan sesuai keperluan. Jika ada barang wajib yang tertinggal, bisa saja acara liburan atau travelling-mu menjadi kacau balau. Jadi, jangan menyepelekan pentingnya urusan packing sebelum berlibur.

Berkemas merupakan hal yang sangat penting. Meski bagi banyak orang, kegiatan itu terasa membosankan dan seringkali membawa barang-barang yang tidak perlu. Nah, buat kamu yang sudah berencana liburan, berikut barang wajib dibawa:

01. Dokumen penting

Paspor dan Visa (jika ada dan perlu), Tiket pesawat, tiket kereta api, atau tiket transportasi lainnya. Bukti reservasi hotel / voucher penginapan. Dompet beserta uang tunai dan kartu kredit. Kartu identitas (SIM dan KTP) dan Buku panduan travelling.
Solusi terbaik dalam menjaga keamanan dokumen-dokumen berharga ini adalah dengan memasukkannya di satu tempat yang sama. Ini akan memudahkanmu mengawasi serta mengambil salah satu dari benda berharga tersebut ketika dibutuhkan. Untuk itu, ada baiknya membawa satu tas selempang yang bisa memuat semua dokumen tersebut. Sehinggta tidak perlu repot. Pastikan juga tas selempang yang kamu gunakan cukup kuat dan desainnya benar-benar menjamin keamananmu. Kalau mau ekstra aman dan hati-hati, kamu bisa melapisi dokumen dan benda berhargamu dengan pelindung tambahan seperti dompet paspor, dompet kartu, pouch, dan sebagainya.

02. Keperluan Pribadi

Toiletries atau alat-alat kebersihan badan (sabun, shampo, dan lainnya). Kosmetik dan alat kecantikan lainnya. Produk kewanitaan. Handuk kecil khusus wajah. Handuk mandi. Kacamata dan/atau contact lens (serta pembersihnya).
Benda-benda bawaan dalam kategori ini bisa pecah/rusak atau terbuka segelnya dan bisa menodai seluruh isi koper/tasmu. Agar tidak rusak atau tercecer di dalam tas akibat guncangan, simpan semuanya di dalam pouch atau organizer sebelum dimasukkan di dalam tas/koper. Dengan begitu benda-benda ini bisa jadi lebih rapi plus lebih mudah diambil di saat membutuhkannya. Khusus wanita, sediakan pouch atau organizer terpisah untuk make-up dan kosmetikmu.

03. Pakaian dan Aksesoris

Pakaian santai untuk sehari-hari, baik atasan dan bawahan. Umumnya kamu perlu dua pasang untuk satu hari. Pakaian tidur. Umumnya pakaian tidur bisa dipakai minimal dua kali/malam. Jaket atau sweater/syal untuk mengantisipasi cuaca dingin. Sepasang sepatu dan/atau sendal yang nyaman digunakan untuk berjalan. Topi dan ikat pinggang. Kaus kaki.
Simpan benda-benda diatas sesuai kategorinya secara terpisah di tas yang cukup besar. Mau menggunakan koper, tas ransel, atau duffel bag adalah pilihanmu sendiri. Jika memang perlu, masukkan beberapa benda tertentu di dalam pouch atau alat bawa lain sebelum dimasukkan ke dalam tas, seperti sepatu yang bisa mengotori isi tasmu jika tidak dibungkus.

04. Obat- obatan

Barang bawaan ini sangat tergantung dengan tempat tujuan, keperluanmu, kendala yang sering kamu hadapi, serta penyakit lain yang memang kamu idap. Tapi, umumnya, semua orang perlu membawa ini untuk berjaga-jaga: Obat anti mabuk perjalanan seperti minyak angin. Vitamin dan suplemen. Perban praktis seperti handyplast dan kain kasa. Krim tangan, Obat tetes atau semprot dan pelembab.

05. Perangkat elektronik/gadget

Kamera dan perlengkapannya (memory card, baterai, lensa, dan lainnya). Handphone dan charger (plus powerbank jika memang perlu dan punya). Laptop/tablet dan perlengkapannya sesuai keperluan. Plug converter, apalagi jika kamu bepergian ke luar negeri yang punya lubang colokan yang beda. Juga Earphone. Lindungi gadget dari cipratan air atau benturan selama perjalanan. Untuk melindunginya, bisa memasang casing smartphone atau sarung laptop agar lebih aman.

06. Barang lainnya

Gembok kecil. Buku atau majalah. Bantal leher. Tas/alat bawa esktra untuk untuk berjaga-jaga atau jika kamu perlu membawa beberapa barang tertentu. Botol minum. Kantong plastik untuk pakaian kotor. Agenda atau jurnal travel plus alat tulis untuk mencatat pengalaman seru kamu sebagai kenangan. Mp3, mainan, atau benda hiburan lain sesuai selera.
Gunakan gantungan kunci supaya gembok kecilmu tidak mudah dicari dan tidak gampang hilang. Selain itu, agar tasmu tidak tertukar dengan tas orang lain yang kebetulan mirip, bisa memasangkan bag charm atau label tag di tasmu.

07. Makanan Ringan

Saat perjalanan panjang, baik melalui darat, maupun udara, jangan biarkan perut kamu kosong. Tapi perlu diperhatikan juga jenis makanannya. Sebaiknya hindari camilan yang berkalori tinggi agar terhindar dari sembelit saat perjalanan. Ganti dengan buah-buahan atau biskuit. (endy)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.