Tips Aman & Nyaman Travelling dengan Motor

0
465

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Bagi orang Indonesia travelling atau bepergian jauh dengan sepeda motor sudah dianggap hal biasa. Selain dianggap lebih murah, bepergian dengan sepeda motor dirasa lebih praktis dan nyaman.

Terlebih, kondisi lalu-lintas di daerah perkotaan saat ini memang sudah begitu macet. Maka, tak heran jika banyak yang menganggap kalau mengendarai sepeda motor adalah solusi terbaik untuk menembus kemacetan.

Ingat sebelum melakukan perjalanan sebaiknya jaga kebugaran tubuh dengan memperbanyak makan makanan sehat dan rajin olahraga. Bagaimana pun, bepergian jauh dengan sepeda motor bukan hal mudah untuk dilakukan.

Nah, jika Anda hendak melakukan traveling ke sebuah tempat dengan naik sepeda motor, ikuti tips di bawah ini agar perjalanan Anda terasa lebih nyaman dan aman.


01. Cek kondisi motor

Meski tampaknya sepele, hal ini sangat penting untuk dilakukan karena sangat terkait dengan keselamatan Anda. Pastikan sudah mengecek kondisi sepeda motor beberapa hari sebelum berangkat. Jika ternyata kendaraan Anda membutuhkan penanganan serius dan memakan waktu lebih banyak, sebaiknya batalkan niat untuk travelling. Namun, bila rencana traveling ternyata bisa diundur, tak ada salahnya untuk menunggu sampai sepeda motor Anda selesai diperbaiki di bengkel.

02. Jangan bawa banyak barang

Jangan bawa banyak barang karena Anda akan mengendarai sepeda motor, bukan mobil. Hal itu akan menyusahkan Anda di jalan, dan tentunya akan membuat perjalanan Anda menjadi tidak nyaman. Cukup bawa barang-barang yang penting dan beberapa atasan dan bawahan untuk ganti. Jangan lupa juga untuk selalu membawa emergency kit untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu pada kendaraan Anda.

03. Kunci Cadangan

Untuk menghindari sesuatu yang tak diinginkan, seperti kehilangan kunci saat makan atau istirahat di jalan misalnya, sebaiknya siapkan kunci motor cadangan. Anda bisa membuat beberapa di tukang kunci, lalu menyimpannya di tas atau tempat lain yang menurut Anda aman. Dengan begitu, Anda tak perlu cemas bila hal itu benar-benar terjadi.

04. Instal aplikasi cuaca di Smartphone

Karena tubuh Anda tidak akan terlindung dari terpaan angin dan hujan deras, ada baiknya untuk menginstal aplikasi cuaca sebelum berkendara dengan sepeda motor. Jadi, Anda bisa memantau keadaan cuaca setiap saat, dan memastikan apakah aman untuk melanjutkan perjalanan atau lebih baik menunda dulu.

05. Google Maps

Anda bisa menggunakan layanan Google Maps di smartphone untuk memandu perjalanan Anda. Aplikasi itu akan sangat berguna, khususnya bila Anda belum pernah sama sekali pergi ke tempat tersebut.

06. Makan Tepat Waktu

Jangan memaksa tubuh untuk bekerja di luar batas kemampuannya. Jadi, jangan pernah terlambat makan. Apalagi bila Anda ternyata memilih masalah dengan lambung. Selain itu, pastikan untuk selalu membawa camilan di tas, yang bisa dimakan ketika beristirahat di pom bensin.

07. Minum air putih

Anda harus tetap menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan rutin minum air putih setidaknya 8-10 gelas sehari. Alih-alih membeli minuman energi atau berpemanis, sebaiknya konsumsi air mineral biasa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Perbanyak konsumsi air putih bila cuaca terasa lebih kering dan panas, sebab tubuh tentunya akan membutuhkan lebih banyak cairan. (*/v)

LEAVE A REPLY