Tips Agar Keluhan Penerbangan Didengar Maskapai

0
70
Keselamatan penerbangan

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Perjalanan dengan pesawat tidak selamanya berlangsung mulus. Gangguan perjalanan bisa saja disebabkan oleh maskapai penerbangan. Entah itu pelayanan yang didapat tidak sesuai, pembatalan penerbangan secara mendadak atau kesalahan lain diluar perkiraan. Jika terjadi seperti ini, sebaiknya Anda mengajukan keluhan.

Seperti dikutip dari Fox News, Selasa (09/10/2018) ada beberapa langkah yang bisa dilakukan supaya keluhan Anda didengar. Antara lain:

#. Berbicara dengan seseorang secara langsung

Jika berada di bandara, bicaralah dengan perwakilan maskapai penerbangan. Jika berada di pesawat, Anda bisa berbicara dengan pramugari. Orang-orang ini mungkin sangat sibuk, jadi buatlah pembicaraan singkat dan menggunakan bahasa sopan. Bila keluhan tidak ditanggapi, lanjutkan ke langkah berikutnya.

#. Keluhan melalui media sosial

Sebagian besar maskapai menerima keluhan di media sosial dengan sangat serius. Mereka memiliki staf yang memantau Twitter dan Facebook secara real time. Keluhan Anda bisa dilengkapi dengan video agar mendapat perhatian maskapai penerbangan.

#. Ajukan keluhan secara tertulis

Ketika semuanya gagal, ajukan keluhan secara tertulis. Anda mungkin diminta untuk mengirimkan dokumentasi perjalanan. Beberapa maskapai penerbangan seperti Delta memiliki tombol compliment/complain di beranda desktop, tetapi cara paling sederhana adalah dengan menelusuri nama maskapai dan kata kontak.

#. Via Surat Elektronik

Jika perlu berbicara dengan maskapai penerbangan, segera hubungi mereka. Mengirim surat elektronik untuk menjelaskan masalah bisa menjadi pilihan lain. Isi surat elektronik disarankan tetap singkat, sederhana, dan sopan.

#. Keluhan bagasi

Jika maskapai kehilangan atau merusak bagasia, jangan tinggalkan bandara tanpa mengajukan keluhan. Anda dapat melakukannya di kantor klaim bagasi maskapai yang terletak di dekat korsel bagasi. Periksa barang bawaan dengan hati-hati sebelum meninggalkan bandara. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.