Tips Agar Kaki Tak Pegal Saat Traveling

0
247

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Travelling atau menjelajahi suatu destinasi wisata, tentunya perlu kesiapan khusus terutama fisik. Terlebih jika melakukan perjalanan setiap hari, yang membuat kaki terasa pegal, nyeri otot, keram bahkan sakit kaki lainnya.

Meski terlihat sepele, tentunya sakit kaki sangat mengganggu dalam perjalanan. Untuk mencegahnya agar kaki tidak pegal, ada beberapa tips agar tetap nyaman dalam perjalanan wisata.

# Pakai sepatu yang nyaman untuk Kaki Anda

Saat traveling, keutamaan yang harus dijaga adalah kaki Anda, jika salah menggunakan jenis sepatu, liburanpun menjadi tidak nyaman. Solusinya, sesuaikan dengan tempat yang Anda tuju terlebih dahulu, jika tempatnya banyak yang menanjak, gunakankan sepatu sports. Jika hanya berkeliling kota, Anda bisa juga menggunakan flats dengan bantalan yang tipis dengan sol yang tidak keras. Satu hal, hindari menggunakan sepatu baru yang belum pernah Anda pakai.

# Perbanyaklah minum air mineral

Tentunya, saat perjalanan Anda membutuhkan pasokan air mineral yang banyak. Dengan meminum air mineral, maka sirkulasi darah akan lancar dan bisa mengurangi pembengkakan pada kaki Anda. Sebagian besar penggemar traveling mengatakan minum air dapat mengurangi kaku dan nyeri otot. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan terhindar dari nyeri otot.

# Relaksasi kaki dan Rendam dengan air hangat

Jika saat berjalan jauh, baik menggunakan transportasi tentunya kaki Anda perlu relaksasi untuk mengistirahtkan pergelangan otot kaki Anda. Selain itu, bisa juga dengan merendam kaki dengan air hangat. Karena bisa memperlancar peredaran darah di sekitaran telapak kaki Anda.

# Beristirahat cukup

Salah satu penyebab tersering dari nyeri otot adalah kurangnya istirahat. Selain itu, pastikan kondisi tubuh Anda sehat. Bila Anda memiliki penyakit atau alergi tertentu, bawalah obat-obatan pribadi yang biasa dikonsumsi.

# Hindari membawa barang terlalu banyak dan berat

Sebaiknya hanya membawa barang yang benar-benar dipakai dan penting. Gunakan koper dengan roda atau ransel untuk mempermudah Anda membawa barang. Saat Anda harus memindahkan atau mengangkat barang, lakukan dengan gerakan yang benar yaitu dengan menekuk lutut terlebih dahulu.

# Jangan membungkuk

saat akan mengangkat barang karena berisiko menimbulkan cedera di tulang belakang Anda. Duduklah dengan tegak, menghadap ke depan, dan bersandar di sandaran kursi, dinding atau pohon. Hindari posisi membungkuk atau miring. Usahakan agar kaki Anda dapat diluruskan. Beberapa ahli kesehatan tulang belakang menyarankan penggunaan bantal kecil di belakang pinggang dan leher untuk meminimalkan pegal dan nyeri otot di daerah tersebut.

# Bergeraklah

Jangan berada dalam posisi diam lebih dari 2 jam. Jika Anda traveling dengan pesawat, berjalanlah di sekitar tempat duduk Anda. Bila Anda menggunakan mobil, beristirahat selama 5 menit dapat membantu untuk meregangkan otot-otot. (*)

LEAVE A REPLY