Tiga Kategori Baru Warnai Anugerah Pesona Indonesia 2018

0
156

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018, kembali digelar. Ajang penghargaan pariwisata berskala nasional tahun ini ada tiga Kategori baru yang dikompetisikan, yakni wisata halal terpopuler, wisata kreatif terpopuler dan cenderamata terpopuler yang menjadi trend dan ikon baru bagi dunia pariwisata Indonesia.

“Langkah Ini sebagai usaha kami mengikuti perkembangan tren dunia pariwisata,” ujar Ketua Pelaksana API 2018, Hiro Kristanto dalam keterangan tertulis, Selasa (12/06/2018). Acara API 2018 diinisiasi oleh laman Ayojalanjalan.com bekerja sama Kementerian Pariwisata dan didukung beberapa stakeholder, diantaranya Bisniswisata.co.id.

Dikatakan, Wisata halal memang tengah menjadi konsentrasi Kementerian Pariwisata dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indonesia. Sejumlah daerah seperti Aceh dan Sumatera Barat sedang dikonsentrasikan untuk digarap menjadi destinasi halal. Sedangkan Lombok di Nusa Tenggara Barat sudah menjadi percontohan lantaran telah dikembangkan lebih dulu.

Kini muncul beragam daerah yang mencanangkan wilayahnya sebagai destinasi halal. Daerah-daerah ini di antaranya dinominasikan dalam API. Kategori wisata halal API tahun ini menandingkan 10 nomine. Di antaranya Al Quran Al Akbar (Kota Palembang), Desa Bubohu (Gorontalo), Gema Muharram (Kabupaten Indragiri Hilir), Islamic Center (Kota Samarinda)

Selain itu, Kampung Halal Karang Jangkong (Kota Mataram), Kompleks Makam Sunan Muria (Kabupaten Kudus), Masjid Raya Baiturrahman (Banda Aceh), Melayu Square (Kota Tanjung Pinang), Pulau Santen (Banyuwangi), dan Sayang Pattudu (Polewali Mandar).

Di samping wisata halal terpopuler, kategori baru lainnya yang ditandingkan dalam API 2018 adalah wisata kreatif terpopuler dan cenderamata terpopuler. Wisata kreatif mencakup destinasi-destinasi buatan yang dikembangkan di berbagai daerah guna memenuhi kebutuhan wisata digital.

Sedangkan cenderamata ikut masuk dalam kategori API karena peranannya penting sebagai bagian dari daya tarik daerah. Selain itu, menjadi salah satu komponen penting dalam konsep 3A (atraksi, aksesibilitas, amenitas) yang dicanangkan Kementerian Pariwisata.

Secara keseluruhan, ada 18 kategori yang akan ditandingkan dalam API. “Jumlahnya terus mengalami peningkatan dari mulanya 10 kategori pada 2016 menjadi 15 kategori pada 2017, dan sekarang sudah lebih lagi,” ujar Hiro.

Ke-18 kategori itu, di antaranya, makanan tradisional terpopuler, minuman tradisional terpopuler, wisata olahaga dan petualangan terpopuler, wisata air terpopuler, ekowisata terpopuler, dataran tinggi terpopuler, cendera mata terpopuler, dan atraksi budaya terpopuler.

Selain itu, kampung adat terpopuler, situs sejarah terpopuler, wisata halal terpopuler, festival pariwisata terpopuler, promosi pariwisata digital terpopuler, wisata kreatif terpopuler, wisata belanja terpopuler, obyek wisata unik terpopuler, tujuan wisata baru terpopuler, dan surga tersembunyi terpopuler.

Pemenang akan dipilih dengan sistem pemungutan suara. Pemungutan suara mulai dibuka pada 1 Juni lalu dan ditutup pada 31 Oktober nanti. Sementara itu pengumuman juara API 2018 akan dilaksanakan pada November 2018.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana mengatakan pemilik suara atau pemilih dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Bahkan berasal dari berbagai negara. “Pada 2016, terdapat 4.000 pemilih. Sedangkan pada 2017 ada 5.800,” ujar Pitana.

Pada 2017, pemilih asing berasal dari negara USA, Cina, dan Kanada. Sedangkan pada 2017 dari USA, Hong Kong, India, dan Cina. Pemungutan suara bisa dilakukan lewat SMS atau aplikasi Anugerah Pesona Indonesia yang tersedia di Playstore.

Daftar daftar dan 18 kategori dalam Anugerah Pesona Indonesia yakni :

Kategori 1 : Makanan Tradisional Terpopuler
Kategori 2 : Minuman Tradisional Terpopuler
Kategori 3 : Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler
Kategori 4 : Wisata Air Terpopuler
Kategori 5 : Ekowisata Terpopuler
Kategori 6 : Dataran Tinggi Terpopuler
Kategori 7 : Cendera Mata Terpopuler
Kategori 8 : Atraksi Budaya Terpopuler
Kategori 9 : Kampung Adat Terpopuler
Kategori 10 : Situs Sejarah Terpopuler
Kategori 11 : Wisata Halal Terpopuler
Kategori 12 : Festival Pariwisata Terpopuler
Kategori 13 : Promosi Pariwisata Digital Terpopuler
Kategori 14 : Wisata Kreatif Terpopuler
Kategori 15 : Wisata Belanja Terpopuler
Kategori 16 : Obyek Wisata Unik Terpopuler
Kategori 17 : Tujuan Wisata Baru Terpopuler
Kategori 18 : Surga Tersembunyi Terpopuler
(redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.