Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta Gunakan Teknologi Ramah Lingkungan

0
1408

TANGERANG, test.test.bisniswisata.co.id: PEMBANGUNAN Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, kini memasuku tahap finishing. Terminal yang mengusung konsep modern menggunakan berbagai teknologi baru ramah lingkungan. Salah satu teknologi modern yang diusung Angkasa Pura II yakni teknologi automated people mover dengan monorail (monorel).

“Jadi nanti di depan akan ada monorel yang akan memutar ke terminal satu ke terminal lain setiap 4 menit sekali dengan kapasitasnya 150 orang sampai dengan 200 orang untuk sekali angkut, seperti di Bandara Changi, Singapura,” papar Direktur Operasional AP II Djoko Murjatmojo di Tangerang, Banten, Rabu (27/1/2016).

Moda transportasi yang mengadopsi sistem monorel, sambung dia, juga dibarengi dibangunnya Stasiun kereta Bandara Soetta, yang terkoneksi dengan jalur ke Jakarta juga beberapa pemberhentian bus.

Dilanjutkan, proses pembangunan dari Terminal 3 Ultimate ini sendiri sudah mencapai‎ 94 persen. Terminal ini nantinya terdiri dari lima lantai dimana lantai paling bawah digunakan untuk kedatangan dan lantai dua akan digunakan untuk keberangkatan.

Terminal 3 Ultimate juga tersedia fasilitas hotel yang berada di depan terminal dan fasilitas parkir yang diposisikan di sisi kiri dan kanan dari terminal. Rencananya Terminal 3 Ultimate mulai beroperasi pada Mei 2016. “Kami akan angkat tema di Bandara ini untuk dekorasinya tentang art and culture, karena inilah Indonesia, banyak budaya,” tambah Direktur Utama AP II, Budi Karya.

Terminal 3 Ultimate ini nantinya akan memiliki kapasitas 25 juta penumpang per tahun. Terminal ini akan melayani penerbangan internasional dan domestik. Adapun total gate di terminal 3 ultimate mencapai 28 gate dimana 10 gate internasional dan 18 gate domestik.

Luas bangunan terminal 3 ultimate ini mencapai 422.804‎ meter persegi dimana 331.101 meter persegi terdiri dari bangunan terminal, 85.578 meter persegi gedung parkir, dan 6.124 meter persegi sebagai gedung VVIP. (*/LEC)

LEAVE A REPLY