Terbentuk IPBKI, Wadah Pengusaha Bunda Kanduang Indonesia Yang Berakhlakul Karimah

0
70

Pelantikan pengurus Ikatan Pengusaha Bundo Kanduang Indonedia ( IPBKI) 

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Untuk mewadahi para pengusaha perempuan yang berasal dari Minang, Sumatera Barat, kini telah terbentuk organisasi masyarakat baru, yaitu Ikatan Pengusaha Bundo Kanduang Indonesia (IPBKI).

Pengukuhan Dewan Pengurus Pusat IPBKI Periode 2018-2023 dilakukan oleh Ketua Yayasan Bundo Kandung H.M. Uncu Natsir, di Aula Masjid Agung Harakatul Jannah, Puncak, Gadog, Bogor, kemarin.

IPBKI dikomandani oleh Hj. Nuraini Zaini SE sebagai Ketua Umum, dan didampingi Dra. Hj. Rahmayulis Saleh, MM sebagai Sekretaris Umum. Terbentuknya Ormas baru ini untuk menjawab kebutuhan akan perlunya wadah organisasi bagi para pengusaha bundo kanduang yang banyak tersebar Indonesia dan mancanegara.

“Semoga kami dapat mengemban dan menjalankan amanah yang telah diberikan dalam menjalankan organisasi IPBKI. Tujuannya antara lain mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran, khususnya bagi Bundo Kanduang dan umumnya masyarakat Indonesia,” kata Nuraini dalam sambutannya seusai pengukuhan.

Dia menuturkan dalam menyusun pengurus sangat hati hati dan selektif, sesuai dengan minat dan kompetensinya. “Mencari dan memilih personil yang kuat dan tangguh, yang dilandasi spirit mengabdi kepada organisasi adalah sangat sulit, karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa organisasi IPBKI ini adalah organisasi nirlaba,” ungkapnya.

Pengurus tidak digaji, lanjutnya. Namun sebaliknya, pengurus dituntut tanggung jawab dan loyalitas yang tinggi oleh organisasi. “Pengurus dituntut siap mengorbankan waktu, tenaga, dan pikirannya. Bahkan lebih dari itu, pengurus harus siap menerima caci maki, cemoohan, hujatan, dan lainnya,” tambahnya.

Dalam Struktur Organisasi DPP IPBKI ini tercatat sekitar 80 nama pengurus mulai dari Dewan Penasehat, Dewan Pembina, Ketua I-III, dan sembilan Ketua Bidang bersama anggotanya, serta perwakilan di sejumlah daerah di Indonesia dan luar negeri.

Lambang IPBKI, kata Nuraini, menggambarkan kemandirian pengusaha Bunda Kanduang Indonesia yang berakhlakul karimah, cerdas, dan berkepribadian. “Semoga IPBKI sesuai dengan Visinya menjadi organisasi pengusaha bundo kanduang terbesar di Indonesia, yang bermanfaat dan mandiri, untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi”.

Dia berharap melalui IPBKI ini, antara lain dapat membuka peluang usaha dan mengembangkan usaha, serta mencetak pengusaha bundo kanduang yang baru.

Dapat membangun jaringan pemasaran nasional dan internasional, untuk meningkatkan penjualan produk-produk yang dihasilkan oleh pengusaha bundo kanduang.

Melakukan edukasi dan pelatihan, serta mendorong pemanfaatan teknologi informasi maupun manajemen usaha modern, dalam mengelola usaha. Serta meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat dan organisasi komunitas minang lainnya.

LEAVE A REPLY