Tawarkan 7 Wonder, ASPPI Banten Gelar Baduy Travel Mart

0
27
Pembukaan Festival Cisadane (Foto: Trendsmap)

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Semangat Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) terus menggelora dalam mendatangkan wisatawan. Kini ASPPI Banten menggelar Baduy Travel Mart 2017 di museum Multatuli, pada 10 hingga 12 November 2017.

“Baduy Travel Mart 2017 sekaligus juga mendukung dan menawarkan 7 Wonders Banten yakni, Banten Lama, Tanjung Lesung, Anyer Carita, Sawarna, Baduy, Ujung Kulon serta Cisadane,” papar Rudy Indriawan, Ketua DPD ASPPI Banten di Jakarta, Jumat (11/08/2017).

Travel Mart ini, sambung Rudy, juga didukung penuh pemerintah Provinsi Banten yang gencar-gencarnya mempromosikan potensi pariwisata Banten. Apalagi saat menyelenggarakan Festival Cisadane di Tangerang, kemarin ternyata mendapat support luar biasa dari Pemda Banten juga masyarakat Banten sehingga Festival Cisadane benar-benar sukses yang membanggakan/

“Karena itu, tahun depan ASPPI kembali mengelar festival di sungai Cisadane dan diharapkan menjadi kalender wisata tahunan sehingga wisatawan bakal tahu kepastian festival itu digelar. Untuk itu, ASPPI akan menggelar festival ini lebih baik lagi juga berbeda dengan tahun ini, saat rencana tengah disusun sehingga penyelenggaran tahun depan bisa lebih bagus lagi,” harapnya

Jadi, lanjut dia, jangan abis seremonial selesai, tetapi bagaimana caranya mendapatkan manfaat bagi masyarakat sekitar sekaligus pelaku usaha pariwisata. “Juga bisa menambah pendapatn bagi pemda Banten, tentunya. Dan nama pariwisata Banten semakin berkibar di kancah pariwisata Indonesia juga dunia,” lontarnya.

Ada beberapa kegiatan diselenggarakan di Cisadane: ada festival perahu, festival busana, karena Tangerang itu termasuk wilayah Banten, dan mempunyai berbagai macam pakaian, kain yang khas itu yang bisa diangkat. “Tahun depan ya pertengahan tahun akan kami coba lagi, kami dari ASPPI sudah minta kerjasama dengan stakeholder yang lain, bagaimana caranya kegiatannya bermanfaat,” tambahnya.

Tercatat di wilayah Banten ada 45 obyek wisata mulai wisata bahari, sejarah, kuliner, alam, budaya, taman rekreasi dan wisata buatan. Dari jumlah itu, kini Banten mengutamakan 7 wonders Banten yang diharapkan menjadi hits.

01. Tanjung Lesung

Tanjung Lesung adalah nama sebuah kawasan pantai yang eksklusif dan terawat di ujung barat Pulau Jawa, sekitar 180 KM dari kota Jakarta. Memiliki pantai yang masih asri dan bersih dengan pasir putihnya Tanjung Lesung adalah pantai terbaik di Jawa Barat menurut saya. Kegiatan yang dapat dilakukan di Tanjung Lesung yaitu bermain pasir, menyelam, bermain olahraga air, memancing, dan menginap di villa yang sangat bagus. Apabila anda datang pada musim hujan, berhati-hatilah karena ombak di Tanjung Lesung cukup besar. Berlokasi di Kabupaten Pandeglang, Banten, Tanjung Lesung memiliki luas sekitar 1500 hektar dengan fasilitas lengkap dan merupakan tempat wisata di Banten yang harus anda kunjungi.

02. Pantai Anyer & Carita
Pantai Anyer, salah satu tempat wisata di Banten yang paling ramai dan populer, terutama bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya karena dekat dan terjangkau. Berlokasi di Kabupatan Serang, Banten, Pantai Anyer adalah pantai yang memiliki pasir putih yang indah dan menarik. Dinamakan Pantai Anyer karena pantai ini berada di sepanjang Kecamatan Anyer, Banten. Aktifitas yang dapat anda lakukan di Pantai Anyer adalah berenang, bermain pasir, bermain olahraga air, berselancar, menyelam, menikmati pemandangan pantai, hingga menyantap hidangan laut yang nikmat di pinggir pantai. Apabila ingin menginap, tidak perlu kuatir karena banyak sekali hotel di sekitar Pantai Anyer.

Carita Terletak di pesisir barat Provinsi Banten, Kabupaten Pandeglang, Pantai Carita adalah salah satu tempat wisata di Banten yang paling terkenal di Indonesia. Yang paling menarik dari Pantai Carita adalah anda dapat melihat Gunung Krakatau dari tepi pantai. Karakteristik ombak di Pantai Carita adalah ombak kecil yang menghembus tepian pantai dengan pasir putihnya. Seperti selayaknya kawasan wisata populer lainnya, tentu saja fasilitas yang dimiliki Pantai Carita sangatlah lengkap, jadi anda tidak perlu kuatir dengan fasilitas yang ada di Pantai Carita. Berlokasi sekitar 160 KM dari Jakarta, Pantai Carita adalah tempat wisata di sekitar Jakarta yang cocok untuk anda kunjungi dikala bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja.

03. Kampung Baduy

Kampung Baduy adalah kampungnya suku Baduy. Suku Baduy adalah suku yang masih kental adat sundanya, dan merupakan salah satu suku asli yang ada di Banten. Kampung Baduy yang berada di Kabupaten Lebak, Banten ini memiliki penduduk sekitar 8,000 jiwa dan terbagi menjadi 2, yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Suku Baduy Dalam adalah Suku Baduy yang menolak dunia luar, sedangkan Suku Baduy Luar adalah suku Baduy yang lebih terbuka pada dunia luar.

04. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna merupakan kawasan wisata pantai di Banten yang tergolong baru. Pantai Sawarna mulai ramai dikunjungi wisatawan sekitar tahun 2000 karena promosi yang ada di internet. Terletak di Desa Sawarna, Pantai Sawarna berjarak kurang lebih 150 KM dari Rangkasbitung. Setiap harinya, Pantai Sawarna dikunjungi oleh ratusan orang, baik yang dari sekitar Jawa Barat, hingga yang dari luar negeri. Biasanya wisatawan luar negeri datang ke Pantai Sawarna untuk berselancar karena Pantai Sawarna memiliki ombak yang cukup besar. Sekarang ini sudah banyak penginapan di sekitar Pantai Sawarna jadi sangat mudah berwisata di Pantai Sawarna.

05. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon sesuai dengan namanya, berada di ujung barat Pulau Jawa. Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon tidak hanya mencakup kawasan daratan yang ada di Pulau Jawa saja, melainkan juga termasuk beberapa pulau di sekitar ujung barat Pulau Jawa. Kegiatan utama yang dapat dilakukan di Taman Nasional Ujung Kulon adalah trekking, berkemah, dan melihat alam liar. Fungsi utama Taman Nasional Ujung Kulon selain sebagai tempat wisata adalah sebagai tempat perlindungan badak. Taman Nasional Ujung Kulon mengajarkan kita suatu hal penting yaitu pentingnya

06. Kota Banten Lama

Meski banyak bangunan yang hanya tersisa reruntuhannya saja, namun hal tersebut membuat kota Banten Lama menarik untuk dikunjungi. Ada beberapa tempat yang bisa kunjungi, di antaranya Istana Keraton Kaibon, Masjid Agung Banteng, Istana Keraton Surosowan, Benteng Speelwijk, dan Vihara Avalokitesvara.

07. Sungai Cisadane

Sepanjang sungai mulai Jalan Benteng Jaya maupun Jalan Berhias, Gerendeng dibangun jogging track lengkap dengan sarana bermain anak, maka kali ini di Jalan Kali Pasir terlihat lebih cantik dengan dibangunnya flying deck. Dengan adanya flying deck, penampakan bantaran sungai terbesar di Kota Tangeran ini semakin cantik dan terurus. Selain flying desk, juga ada taman di pinggiran Sungai Cisadane sehingga dapat menambah atraksi wisata publik yang murah meriah bagi masyarakat. Sebut saja ada Taman Potret di Cikokol, Eco Park di Bantaran Sungai Cisadane, dan Cisadane Walk.

Layaknya sungai-sungai yang ada di Indonesia, Sungai Cisadane sudah menjadi satu nafas dengan perkembangan Kota Tangerang. Sungai yang semula hanya berfungsi sebagai sumber air bersih hingga pengairan bagi lahan sawah telah meluas menjadi kearifan lokal. Untuk memanfaatkan potensi Sungai Cisadane, tengah mengkaji untuk mengembangkan transportasi umum berbasis sungai. Nantinya, waterway tidak akan dijadikan sebagai sarana transportasi saja, tetapi juga kawasan pariwisata. (NDIK)

LEAVE A REPLY