Taste of Padang, Slogan Anyar Cita Rasa Wisata Padang

0
156
Rumah Minangkabau, ikon pariwisata Sumbar

PADANG, Bisniswisata.co.id: Puncak Hari Pers Nasional (HPN) digelar di Padang, Sumatera Barat, pada 8 Februari dan 9 Februari 2018. Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir. Karenanya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memanfaatkan rangkaian kegiatan HPN 2018 untuk memperkenalkan slogan pariwisata baru bertajuk Taste of Padang, yang bermakna cita rasa kota Padang.

“Slogan ini kita gunakan dalam semua kegiatan agar pariwisata Sumbar makin dikenal,” kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit di Padang, seperti yang dilansir dari Antara, Selasa (07/02/2018).

Dilanjutkan, pariwisata itu lokomotif perekonomian yang bisa diharapkan di Sumbar, karena memiliki potensi luar biasa. Hal itu berbeda dengan sebagian provinsi lain di Indonesia yang ekonominya ikut terbantu oleh potensi sumber daya alam (SDA) seperti mineral, batu bara, dan migas. “Sumbar tak ada SDA yang bisa ditonjolkan. Paling potensial hanya wisata, UMKM, dan industri kecil,” tambahnya.

Slogan Taste of Padang sempat menuai pro dan kontra setelah diluncurkan akhir tahun 2017. Sebagian kalangan menilai slogan itu kurang mewakili Sumbar secara umum. Namun, Nasrul meminta seluruh instansi dan lapisan masyarakat untuk mendukung slogan yang “dititipkan” oleh pemerintah pusat itu.

“Jadi dalam rangka HPN mari ciptakan rasa aman nyaman, rasa sejuk, karena taste ini rasa. Mari kita jual ‘Taste of Padang’ sebagai brand pariwisata dalam rangka promosikan,” kata Nasrul.

Dari Jakarta, ada banyak penerbangan ke Padang, yang berdurasi sekitar 2 jam penerbangan dan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau. Sejumlah maskapai menawarkan tiket penerbangan pulang pergi ke sana dengan harga mulai dari Rp900 ribuan per orang.

Kota yang dikenal lewat legenda Sitti Nurbaya dan Malin Kundang ini juga memiliki beragam pilihan wisata, mulai dari sejarah, alam, kuliner, dan belanja. Pecinta makanan pedas dan bersantan pasti betah berada di sini, karena ada banyak tempat makan yang menawarkan menu macam itu. Tak hanya nasi atau sate padang, cicipi juga Soto Padang, Gulai Itiak, atau Teh Kalua.

Pecinta sejarah bisa datangi Jam Gadang, atau ke Istano Basa Pagaruyung, Lobang Jepang, Museum Bung Hatta, Jembatan Sitti Nurbaya, atau ke Pantai Air Manis, untuk menikmati pemandangan bebatuan yang kabarnya merupakan perwujudan Malin Kundang. Oleh-oleh khas Padang berupa Mukena Kerancang, Kain Songket, sampai alat musik Saluang juga bisa dibeli dengan harga lebih miring di sana.

Untuk wisata alam, bisa mengunjungi Pantai Padang, Pantai Pasir Jambak, Pantai Nirwana, Pantai Caroline, Pulau Cubudak, Pulau Pagang, Pulau Sikuai, atau Lembah Anai, kawasan perbukitan dengan pemandangan jalan berliku yang sangat indah. Bagi yang gemar surfing, bisa menumpang perahu ke Kepulauan Mentawai, kawasan perairan yang disebut memiliki salah satu ombak terbaik di dunia.

Kota Padang sebagai ibukota dari provinsi Sumatera Barat sebenarnya tak hanya punya Pantai Padang. Beragam destinasi wisata menarik tersebar di Padang. Dari penelusuran Liputan6.com, berikut enam di antaranya dari destinasi-destinasi keren di Padang.

# Pantai Padang

Orang Minang sering menyebutnya Taplau. Berbeda dengan dahulu, Pemerintah Kota Padang terus berbenah dan memperbaiki fasilitas di pantai ini. Pantai Padang kini cantik dan indah dengan aneka bunga yang menghiasi di sekitarnya. Lokasinya di dekat Ramayana Plaza Andalaz, Pasar Raya Padang dan dekat juga dengan Jembatan Siti Nurbaya.

# Pantai Pasir Jambak

Masih sama-sama pantai, Pantai Pasir Jambak juga tak kalah menarik. Pantai ini berada di Tabing, sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Padang. Pantai ini berpasir putih, lebar, landai dan dipenuhi oleh nyiur tinggi. Pantai ini sangat cocok untuk berjemur, berenang bersantai dan menyaksikan matahari terbenam.

# Pantai Air Manis Batu Malin Kundang

Pantai Air Manis atau Pantai Aia Manih di dekat Pelabuhan Teluk Bayur. Pengunjung akan diingatkan dengan legenda Malin Kundang yang durhaka. Ada banyak penjual souvenir khas Pantai Aia Manih berupa batu Malin Kundang dan sebagainya.

# Pantai Caroline

Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Padang yang wajib dikunjungi. Lokasinya di Teluk Bungus, 25 km di selatan Kota Padang. Nama pantai ini jadi inspirasi lirik lagu Pantai Caroline. Pantai nan landai dan dengan pepohonan menjadi daya tarik spesial.

# Jembatan Siti Nurbaya

Kisah Siti Nurbaya terabadikan di Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan ini selalu ramai pada sore hingga malam hari. Lampu kota menerangi jembatan saat malam hari. Lokasi jembatan ini dekat dengan pantai Padang dan Pasar Raya.

# Museum Adityawarman

Museum Adityawarman berlokasi di Jl.Diponegoro,Kota Padang. Museum Negeri Provinsi Sumatera Barat mulai dibangun pada 1974 dan diresmikan 16 Maret 1977. Nama Adityawarman diambil dari nama seorang Raja besar yang pernah berkuasa di Minangkabau, sezaman dengan Kerajaan Majapahit pada masa Patih Gajah Mada. Museum Adityawarman di Padang itu museum budaya terpenting di Sumatera Barat. Museum tersebut berfungsi sebagai tempat menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah seperti cagar budaya Minangkabau, cagar budaya Mentawai, dan cagar budaya Nusantara. (NDHYK)

LEAVE A REPLY