Taman Nasional Tesso Nilo Kembangkan Ekowisata

0
386
Wisata alam yang masih lestari

PEKANBARU, bisniswisata.co.id: Balai Taman Nasional Tesso Nilo bakal mengembangkan ekowisata pada 23.000 hektare (ha) hutan alam yang tersisa di kawasan itu. Hal itu dilakukan sebagai upaya penyelamatan hutan konservasi dari maraknya perambahan liar.

“Kini sedang kami susun grand desainnya dengan menggandeng tim ahli dari Universitas Gajah Mada untuk penyusunan strategi wisata serta meminta pendapat pelaku wisata terkait potensi yang bakal dikembangkan,” kata Kepala Balai Taman Nasional Tesso Nilo, Supartono, seperti dilansir laman Tempo.co, Senin (27/02/2017).

Dilanjutkan, hingga kini belum bisa dirumuskan destinasi wisata apa yang cocok untuk Tesso Nilo. Namun yang jelas, potensi yang tampak saat ini yakni ekowisata. Mengingat, hutan tropis yang tersisa masih terbilang baik sebagai habitat satwa liar seperti gajah, harimau, tapir dan beruang.

Selain itu, sambung dia, Aliran Sungai Nilo menambah wisata alam menjadi lebih semarak. “Memang kami sudah menjalankan aktivitas wisata seperti Safari gajah dan edukasi wisata sudah berjalan, juga pengembangan wisata berbasis masyarakat,” ucapnya.

Taman Nasional Tesso Nilo yang luasnya 81.793 ha berada di tiga kabupaten: Pelalawan, Kampar, dan Indragiri Hulu. Penghuninya berbagai jenis satwa langka yang saat ini berada dalam ancaman karena aktivitas perambahan dan alih fungsi hutan menajdi kebun sawit.

Secara ekosistem TNTN dikelilingi hutan produksi, dan di daerah itu masih terjadi persoalan perambahan, kebakaran lahan, pembukaan lahan perkebunan sawit dan permukiman. Luas hutan alam di kawasan Tesso Nilo, Riau, tinggal tersisa 23 ribu hektare. Lahan itu terus menyusut akibat ulah perambahan ilegal.

Di kawasan Tesso Nilo terdapat 13 hutan tanam industri milik perusahaan seluas 750.000 hektare. Sembilan perusahaan mengklaim lahan dan 11 Hak Guna Usaha perusahaan seluas 70.193, 15.808 atau 23 persen. Bahkan dalam kawasan hutan terdapat pemukiman yang terdiri dari 23 desa, dan 4 desa berbatasan langsung. (*/TMP)

LEAVE A REPLY