Tahun Baru, Pengunjung Ragunan Luar Biasa

0
371
Taman Margastwa Ragunan Jakarta

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Hari pertama Tahun 2017, Taman Margasatwa Ragunan di Pasar Minggu Jakarta membludak. Pengunjung datang dari berbagai daerah, sehingga membuat padat di Taman Margasatwa. Bahkan kemacetan parah tak bisa dihindari.

Tercatat, hingga pukul 13.00 sudah sekitar 101.055 pengunjung datang ke tempat konservasi seluas 140 hektare ini. Adapun kendaraan yang masuk TMR tercatat 3.563 mobil, 10.841 motor, dan 84 bus.

Akibat membeludaknya pengunjung, terjadi antrean kendaraan yang berimbas pada kemacetan panjang di sejumlah ruas jalan. Bahkan, banyak calon pengunjung yang sudah tidak sabar turun dari kendaraan mereka kemudian berjalan kaki menuju TMR.

Kemacetan terjadi di Jalan TB Simatupang baik dari arah Tanjung Barat menuju Ragunan maupun arah Fatmawati mengarah ke TL Cilandak. Kondisi serupa terjadi di Jalan Margasatwa Pondok Labu.

“Jumlah pengunjung untuk hari ini bisa menembus 100 ribu lebih. Ini luar biasa. Karena hasil penghitungan sementara kami pada pukul 12.00 WIB tadi saja sudah tercatat 81 ribuan orang yang datang ke sini. Saat ini kami masih menghitung berapa total pengunjung yang masuk sampai sore ini,” tutur Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang P, Ahad (1/1).

Dia menuturkan, di hari-hari libur khusus seperti Tahun Baru dan Idul Fitri, jumlah pengunjung yang datang ke Taman Margasatwa Ragunan memang selalu membludak dari biasanya. Berdasarkan catatan instansinya, ada lebih dari 170 ribu orang yang pergi berwisata ke kebun binatang itu pada Tahun Baru 2015 lalu.

“Bahkan, pada hari libur ketiga Lebaran (Idul Fitri) 2015 lalu, tamu yang masuk ke sini sampai 203 ribu orang,” ungkap Bambang.

Berdasarkan pantauan hingga pukul 17.00 WIB belasan ribu pengunjung masih tertahan di sejumlah pintu Taman Margasatwa Ragunan. Mereka tampak kesulitan untuk keluar dari area kompleks kebun binatang yang luasnya mencapai 140 hektare tersebut.

Tidak hanya itu, para pejalan kaki bahkan harus berusaha keras mencari celah untuk bergerak di antara ribuan sepeda motor yang memadati jalan-jalan di sekitar tempat wisata itu.

Kemacetan pun terlihat mengular dari Pintu Timur Taman Margasatwa Ragunan, hingga sepanjang Jalan Kebagusan Raya. “Macetnya parah! Sudah hampir dua jam saya terjebak di sini (Jalan Kebagusan Raya),” ujar seorang pengunjung asal Srengseng Sawah Jakarta Selatan, Ibnu Malik (32 tahun). (*/NDI)

LEAVE A REPLY