Tahun Baru, Bali Jadi Tujuan Wisata Terpopuler di Asia Pasifik

0
1286

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Bali kembali menjadi tujuan wisata paling populer untuk liburan Tahun Baru bagi wisatawan di Asia Pasifik. Survey tersebut dilakukan salah satu situs perjalanan terbesar di dunia, yaitu TripAdvisor untuk periode Tahun Baru 27 Desember 2014 hingga 4 Januari 2015.

Dari hasil survey diperoleh 10 tujuan wisata paling popular bagi wisatawan di Indonesia dan Asia Pasifik dalam menyambut Tahun Baru 2015. Indonesia menempatkan dua tujuan wisata dari 10 teratas yang dipilih oleh wisatawan dalam forum TripAdvisor Travel.

Seminyak (urutan ketiga) dan Kuta (urutan kesembilan) dipilih wisatawan untuk berlibur akhir tahun padahal tarif hotel di Kuta lebih tinggi 63% dibanding hari biasanya. Dengan Seminyak dan Kuta di Bali itu menjadikan Indonesia bersama Australia sebagai negara yang menempatkan dua tujuan wisata dalam 10 teratas survey.

Daftar 10 tujuan wisata paling popular untuk liburan Tahun Baru bagi wisatawan di Asia Pasifik.

01. Sydney (Australia)
02. Singapura
03. Seminyak, Bali (Indonesia)
04. Hongkong (Tiongkok)
05. Taipe (Taiwan)
06. New York City (Amerika Serikat)
07. Paris (Perancis)
08. Bangkok (Thailand)
09. Kuta, Bali (Indonesia)
10. Melbourne (Australia)

Survey juga dilakukan secara khusus terhadap calon wisatawan domestik di Indonesia terkait tujuan wisata mana yang paling popular untuk merayakan Tahun Baru. Lagi-lagi, Bali menempatkan 4 destinasinya dalam 10 tujuan wisata terpopular dimana posisi teratas ditempati Kuta. Salah satu komentar calon wisatawan ketika memilih Kuta adalah karena di sepanjang Pantai Kuta ada kembang api terus-menerus dan malam harinya meriah dengan berbagai acara.

Tahun ini wisatawan nusantara cenderung memilih destinasi dalam negeri dibandingkan ke luar negeri. Beberapa lokasi lain yang menjadi favorit adalah Yogyakarta (urutan kelima), Bandung (urutan keenam) dan Jakarta (urutan kedelapan). Tarif hotel di Yogyakarta dan Bandung tercatat turun sekitar 36-37% sementara di Jakarta justru naik dua kali lipat selama masa libur Tahun Baru dengan rata-rata Rp1.940.858,-.

10 tujuan wisata paling popular untuk liburan Tahun Baru bagi wisatawan nusantara.

01. Kuta, Bali
02. Singapura (Singapura)
03. Seminyak, Bali
04. Hongkong (Tiongkok)
05. Yogyakarta
06. Bandung
07. Nusa Dua, Bali
08. Jakarta
09. Kuala Lumpur (Malaysia)
10. Legian, Bali

Selain mengurai pendapat tujuan wisata paling popular untuk Tahun Baru, Tripadvisor juga mencari tahu manakah tempat wisata, hotel, dan restoran yang paling banyak diulas (direview) traveler di Indonesia tahun 2014. Nama-nama tempat tersebut muncul berdasarkan ulasan dan opini yang dimuat di TripAdvisor dari komunitas yang terdiri dari jutaan wisatawan di dunia.

Sangeh (Sacred Monkey Forest Sanctuary) teratas dalam kategori tujuan wisata, yaitu hutan alami di Desa Tegal Parang yang dihuni ribuan monyet. Sangeh memperoleh 1.764 ulasan positif dari pengunjung situs TripAdvisor.

Potato Head Beach Club teratas dalam kategori restoran dengan memperoleh 1.156 ulasan positif. Kuliner lezat dikombinasikan dengan tempat yang nyaman menjadi salah satu daya tariknya. Lokasi tempatnya berada di Kerobokan, Bali, dengan menghadirkan menu makanan, suasana nyaman, dan lokasinya indah untuk melihat pemandangan Matahari terbenam.

Padma Resort Bali Legian teratas dalam kategori akomodasi dengan mendulang lebih dari 700 ulasan positif. Padma Resort mampu bersaing meski banyak berjamurnya hotel bintang lima di Bali. Salah satu faktor yang menjadikan hotel ini favorit antara lain lokasi serta fasilitas dan harganya.

Tripadvisor sendiri merupakan situs perjalanan paling popular di dunia yang memungkinkan wisatawan merencanakan dan mendapatkan perjalanan mereka. Rata-rata pengunjung websitenya lebih dari 315 juta (pengunjung unik bulanan) dan lebih dari 200 juta review dan opini yang mencakup lebih dari 4,4 juta akomodasi, restoran dan tempat wisata. Situs ini beroperasi di 45 negara di dunia dan menjalankan situs di bawah 20 merek media travel. (marcapada@yahoo.com)

LEAVE A REPLY