Tabrak Bangau, Singapore Airlines Mendarat Darurat

0
1867

ISTANBUL, test.test.bisniswisata.co.id: Sebuah pesawat Singapore Airlines yang sedang mengarungi langit Istanbul menuju Singapura, terpaksa balik kanan. Mendarat darurat di bandara asal. Gara-garanya kapal terbang itu melapor telah menabrak kawanan burung bangau. Boeing 777-200 milik maskapai Singapura yang terbang dari Istanbul jam 13.30 pada 17 Agustus itu membawa 255 penumpang dan 14 awak kapal terbang.

“Pesawat menabrak kawanan bangau, merusak radome ITS, perisai pelindung cuaca untuk antena radar IMS. Kerusakan akibat tabrakan juga dialami di berbagai bagian lain dari pesawat, mesin pada IMS termasuk sisi kiri,” demikian dilaporkan Hurriyet Daily News yang dikutip Rabu (19/8/2015).

Setelah lepas landas 1 jam 10 menit, pesawat Singapore Airlines itu melakukan pendaratan darurat di Istanbul pada pukul 14.40 waktu setempat. Seluruh penumpang kemudian ditransfer ke hotel, sementara Singapore Airlines akan membawa pesawat lain ke Istanbul. Tim teknis Turkish Airlines memeriksa pesawat tersebut untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Sebelumnya kejadian serupa menimpa pesawat JetBlue penerbangan 671 menuju West Palm Beach. Florida. Kapal terbang itu tiba-tiba mendarat darurat setelah mengudara selama 25 menit.

Ternyata sang pilot memutuskan untuk mendarat darurat setelah lepas landas dari Westchester County Airport, karena menabrak kawanan burung. “Seekor burung menabrakkan paruhnya di penerbangan JetBlue menuju Florida Jumat pagi, memaksa pendaratan darurat di Bandara Kennedy,” demikian seperti dimuat New York Daily News.

Pengelola bandara John F. Kennedy (JFK) tempat JetBlue penerbangan 671 pun membenarkan peristiwa pendaratan tersebut. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY