Swisscontact Promosikan Wisata Wakatobi, Flores, Tanjung Puting, Toraja

0
2624

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: SWISSCONTACT, salah satu lembaga non-profit asal negara Swiss, membantu Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam mempromosikan destinasi pariwisata menyelam di Wakatobi. Lembaga tersebut mempromosikan destinasi pariwisata Wakatobi ke berbagai negara, terutama ke negara-negara Eropa.

Selain Wakatobi Sulawesi Barat, juga membantu mempromosikan destinasi pariwisata tiga kabupaten lain di Indonesia. Ketiga destinasi wisata di Flores Nusa Tenggara Timur, Tanjung Puting Kalimantan Tengah dan Toraja Sulawesi Tenggara.

“Di Wakatobi, saat ini kami membantu masyarakat Kulati di Pulau Tomia, menggelar Festival Budaya Potapaki. Festival budaya ini akan berlangsung selama sebulan lebih, mulai 10 Juni hingga 19 Juli 2015,” tulis pengelola Swisscontact, Weny Kohongia melalui email yang dikirim ke redaksi di Jakarta, JUmat (12/06/2015).

Taman Nasional Wakatobi, salah satu tempat penyelaman di Indonesia yang indah, Selain Raja Ampat di Papua dan Bunaken di Manado Sulawesi Utara. Keindahan dan kekayaan alam Wakatobi sudah terkenal di dunia setelah Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995. Selain menikmati bawah laut anda juga bisa menikmati pantai yang indah.

Wakatobi merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Tenggara dengan ibu kota Wangiwangi. Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari empat pulau utama yang ada di Kabupaten Wakatobi yaitu Wangiwangi (Wanci), Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Pariwisata bahari merupakan andalan di kabupaten wakatobi.

Salah satu kegiatan yang wajib di Wakatobi adalah menyelam untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang merupakan bagian dari segitiga terumbu karang. Selain itu ada juga pantai yang indah, seperti Pantai Molii Sahatu, Pantai Sousu, Pantai Waha, Pantai Hoga, Pantai Sombano, Pantai Peropa, Pantai Huntete, Pantai Soha, Pantai Onemobaa, Pantai Palahidu, serta masih banyak lagi pantai indah lainnya di Wakatobi.

Tempat wisata di Flores NTT. Flores merupakan sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur, Indonesia yang bisa menjadi tujuan wisata anda, Flores terdiri dari enam kabupaten, yakni Manggarai, Ngadha, Ende, Sikka, Flores Timur, dan Lembata. Pulau seluas 14.300 km² ini menyimpan berbagai tempat wisata yang indah.

Destinasi wisata di Flores antara lain Danau Kelimutu, di Desa Koanara, Kecamatan Wolowaru. sekitar 66 km dari kota Ende dan 83 kilometer dari Maumere tepatnya di puncak Taman Nasional Kelimutu. Danau Kelimutu ini memiliki keunikan tersendiri, danaunya memiliki tiga warna yang berbeda anda bisa melihatnya sendiri ketika mengunjungi danau ini.

Selain itu, Gua Liang Bua, Labuan Bajo, Taman Nasional Komodo, Pink Beach, Pantai Koka, Pulau Kanawa, Danau Sano Nggoang, Air Terjun Cunca Rami. Memang keindahan tempat wisata di Flores, Nusa Tenggara Timur ini tidak akan ada habisnya, inilah salah satu kebanggaan yang dimiliki Indonesia, keindahan alam pemandangannya tidak akan pernah habis untuk dijelajahi.

Tanjung Puting merupakan Taman Nasional di semenanjung Kalimantan Tengah, disini terdapat Konservasi OrangUtan terbesar di Dunia dengan populasi diperkirakan 30.000 sd 40.000 orangutan yang tersebar di Taman Nasional dan juga diluar Taman Nasional ini. selain itu Taman Nasional Tanjung Puting juga merupakan Cagar Biosfer yang ditunjuk pada tahun 1977 dengan area inti Taman Nasional Tanjung Puting seluas 415.040 ha yang ditetapkan pada tahun 1982.

Dengan status Taman Nasional dan cagar biosfer TN Tanjung Puting ini dapat terjaga kelestariannya dan merupakan daya tarik salah satu wisata di Indonesia, berbeda dengan Konservasi orangutan yang terdapat dibagian Kalimantan lainnya kita melihat Orangutan di habitat buatan manusia. tidak di TN Tanjung Puting ini kita dapat melihat langsung habitat alami Orangutan secara langsung dan melihat langsung hidup mereka di alam liar. Tanjung Puting pada awalnya merupakan cagar alam dan suaka margasatwa dengan luas total 305.000 ha.

Tana Toraja, tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh berbagai turis dari wisatawan hingga mancanegara. Banyak tempat wisata budaya yang bisa menambah ilmu pengetahuan mengenai berbagai macam budaya. Banyaknya orang yang datang ke Tana Toraja karena masih kentalnya budaya yang ada disana.

Ada lima destinasi wisata Tana Toraja yang kerap disinggapi wisatawan nusnatara dan mancanegara. Destinasi itu, Pallawa, Londa, Ke’te Kesu, Batutumonga dan Lemo. Selain menawarkan wisata budaya, Toraja juga memiliki keindahan alam. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY