Sutradara Korea Berambisi Eksplorasi Bali

0
568
Balinale

KUTA BALI, test.test.bisniswisata.co.id: Sutradara kawakan asal Negeri Gingseng, Yoon Je Kyoon datang ke Bali untuk mengikuti Bali International Film Festival (Balinale) 2015. Pengarah film hits ‘My Boss My Hero’ dan ‘Haeundae’ ini memuji Bali dan ingin mengeksplorasi Pulau Dewata lebih jauh. Dia bahkan sengaja mengosongkan jadwalnya dan menolak sejumlah undangan perhelatan serupa di Berlin, Jerman.

“Bali adalah destinasi kunjungan favorit dunia. Saya diundang ke Berlin untuk acara serupa, namun memutuskan untuk mengikuti Balinale tahun ini,” kata Yoon seperti diunduh laman Republika.co.id di Cinemaxx Lippo Mall Kuta, Jumat (25/9/2015).

Festival yang mengikutsertakan sineas film dari berbagai negara dunia ini kembali digelar di Pulau Dewata, Bali pada 24-30 September 2015. Balinale menyajikan 105 film dari 29 negara. Jumlah ini meningkat drastis dibanding tahun lalu yang hanya 60 film dari 18 negara.

Yoon dalam kesempatan tahun ini memperkenalkan film produksi 2014 yang disutradarainya berjudul ‘Ode to My Father.’ Melodrama keluarga ini mengangkat cerita epik yang dimulai dari Perang Korea dimana seorang anak laki-laki bersumpah atas nama ayahnya untuk menjaga keluarga yang tersisa.

Tokoh utama cerita bernama Duk Soo (Hwang Jeong Min) yang kehilangan adik dan ayahnya ketika melarikan diri ke selatan demi keluar dari wilayah perang Korea. Sang ayah menghilang sehingga Duk Soo menjadi kepala keluarga dan janjinya itu bergulir hingga 60 tahun lamanya. Sang sutradara juga mempersembahkan film ini untuk ayahnya yang sudah meninggal dunia saat dia masih tahun kedua di universitas.

Produser film ‘The Spy: Undercover Operation’ dan ‘Sector 7 (Chil Kwang Gu)’ ini menilai Bali sangat potensial sebagai lokasi syuting film dunia, tak terkecuali Korea Selatan. Apalagi, budaya K-pop sudah diterima sangat baik oleh masyarakat Indonesia.

Sejumlah film Korea sebelumnya sudah pernah mengambil latar belakang Bali, seperti ‘Memories in Bali’ yang menjadi salah satu pelopor drama Korea di Indonesia. Film ini bercerita tentang cinta segitiga antara Lee Soo Jung (Ha Ji Won), pemandu wisata di Bali dengan Kang In Wook dan Jung Jae Min, seorang pengusaha kaya.

Berikutnya adalah ‘First Love a Royal Prince,’ drama Korea yang menceritakan tentang seorang petugas pengantar makanan, Kim Yoo Bin yang jatuh cinta dengan seorang pengusaha kaya Cha Seung Gyon. Yoo Bin berhasil memenangkan tiket ke Jepang dan tanpa sengaja melewatkan kencan dengan Seung Gyo di Bali.

Drama ‘Saranghae, I Love You’ merupakan kolaborasi Korea dan Indonesia, sehingga syutingnya dilakukan didua negara. Berlatar belakang di Bali, Jakarta, dan Seoul, drama ini bercerita tentang kisah cinta Young Min (Tim Hwang), seorang selebriti Korea dengan Ayu (Revalina S Temat), seorang gadis Indonesia.

Drama ini dikemas dalam tiga bahasa, yaitu Indonesia, Korea, dan Inggris serta ditayangkan dienam negara, yaitu Indonesia, Selandia Baru, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Australia. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY