Sumut Dongkrak Kunjungan Wisman dengan Turnamen Golf

0
145

MEDAN, Bisniswisata.co.id: Berbagai cara meningkatkan devisa negara dilakukan. Pemerintah daerah, mengajak industri pariwisata untuk menjadi tulang punggung meningkatkan upaya menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke daerahnya.

Di Medan, Kejuaran open golf Turnamen Piala Gubernur Sumatera Utara tahun 2017 salah satunya. Menjadi pembicaraan dan direspon positif, hasil kerja bareng Pemprov Sumatera Utara (Sumut) dengan Persatuan Golf Indonesia (PGI) Wilayah Sumut, membuahkan sport toursim yang diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan.

Acara yang berlangsung di Royal Sumatera Go Course Contry Club Medan itu bagian dari meningkatkan devisa melalui kunjungan wisman ke Sumatera Utara. Gubernur Sumatera Utara Tengku Erri Nuradi menaruh harapan pada PGI Wilayah Sumut.

Berbagai turnamen khususnya turnamen golf di Sumatera Utara menjadi target program ke depan. “Saya berharap, turnamen-turnamen golf bisa mendatangkan wisatawan mancanegara dalam rangka mendorong pengembangan pariwisata di Sumut,” kata Tengku Erri, sang gubernur.

Diungkapkan Gubsu, Sumut memiliki banyak potensi yang sangat besar dalam berbagai hal, termasuk pariwisata. Apalagi lanjut Gubsu saat ini pemerintah pusat sedang mendorong untuk pembangunan kawasan wisata Danau Toba bertaraf internasional. “Pemprovsu akan terus mendorong peningkatan turnamen Golf di Sumut,” ujarnya.

Harapannya, tentu saja, mendongkrak pengembangan pariwisata, khususnya di Sumatera Utara. Bahkan ke depannya akan membangun lebih banyak lapangan golf berskala internasional yang lebih banyak lagi. “Terpenting masyarakat dan semua pihak mampu bergerak bersama-sama membangun pariwisata,” papar Gubernur.

Kadis Pariwisata Sumut, Elisa Marbun mengatakan Kota Medan boleh dikatakan kota dalam ibu kota provinsi yang sudah termasuk sangat maju. Oleh sebab itu dinas pariwisata memperkenalkan medan sebagai kota yang maju melalui turnamen golf sampai ke manca negara.

“Salah satu ciri kota yang maju adalah kota yang memiliki lapangan golf, dan kita adalah kota yang maju. Ke depannya, Sumut menjadi destinasi wisata mancanegara,” tegasnya.

Terkait turnamen itu Ketua PGI Wilayah Sumut, Ichsan Batubara mengungkapkan kejuaraan ini diikuti sekitar 200 peserta dalam tee off pagi dan siang. Secara pribadi dia sangat antusias untuk mengolahragakan golf ke masyarakat, dan memasyarakatkan golf.

“Tahun ini PGI Sumut telah mencetak cukup banyak pemain-pemain junior dan pemula dari sejak dini. Bahkan demi kemajuan olahraga golf ini saat ini PGI Sumut sedang menggalakkan olahraga golf melalui driving range di Lanud Medan,” katanya terkait turnamen itu.

Ricky Wenas didampingi John Winata menjelaskan, sangat kagum dengan pemain golf asal Sumut, karena berhasil mencapai hasil score sebesar 70. “Artinya angka itu hanya minus dua (-2). Ini luar biasa apalagi dalam kondisi hujan di siang hari. Lapangan Royal Sumatera ini boleh dikatakan lapangan yang cukup baik dalam pengaturan saluran airnya. (*/eks)

LEAVE A REPLY