Sumbar Incar Investasi Pariwisata dalam Regional Investment Forum

0
286
jam Gadang, Ikon pariwisata Bukittingi Sumbar(foto: istimewa)

PADANG, Bisniswisata.co.id: Sumatera Barat ditunjuk sebagai tuan rumah Regional Investment Forum (RIF), yang akan diselenggarakan pada 15-17 Oktober 2017. Kegiatan ini akan dimasukkan dalam agenda Voyage to Indonesia yang merupakan serangkaian kegiatan side event menjelang pertemuan tahunan Bank Dunia dan IMF di Indonesia tahun depan.

“Investasi merupakan salah satu hal yang menjadi prioritas dalam pengembangan ekonomi di Sumatera Barat,” kata Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dalam keterangan resminya, Kamis (20/7/2017).

Menurut Irwan, Sumatera Barat memiliki berbagai potensi pariwisata yang dapat menarik bagi investor asing yang tertarik menanamkan modalnya. Salah satunya Pantai Mandeh yang menjadi salah satu ikon pariwisata Sumatera Barat.

Pariwisata memang menjadi sektor prioritas yang ditampilkan dalam kegiatan Regional Investment Forum yang merupakan inisiatif Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Kegiatan serupa sebelumnya dilaksanakan di Provinsi Bali pada bulan Februari 2017.

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM, Himawan Hariyoga menambahkan, Regional Investment Forum di Padang ini akan dimanfaatkan untuk memaparkan peluang investasi dari destinasi wisata dari kampanye 10 Bali baru oleh pemerintah. Destinasi wisata tersebut adalah Kepulauan Seribu, Danau Toba, Borobudur, Tanjung Lesung, Tanjung Kelayang dan Bromo.

“Selain itu, beberapa destinasi Sumatera Barat lainnya juga ditawarkan seperti Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang dan Taman Laut Mandeh. Investasi yang diharapkan masuk adalah investasi di infrastruktur penunjang pariwisata seperti hotel dan bidang usaha lainnya,” ungkapnya.

Dalam proses persiapan ini, lanjutnya, pemerintah akan memfasilitasi konsultan internasional serta menjajaki beberapa investor yang menyatakan ketertarikannya untuk menanamkan modalnya di Sumatera Barat. (*/MDK)

LEAVE A REPLY