Spektakuler, 3 Pesawat Saksikan Gerhana Matahari di Atas Awan

0
561

PERANCIS, test.test.bisniswisata.co.id: GERHANA matahari total dapat disaksikan dari 12 propinsi di Indonesia, pada 9 Maret 2016. Tahun ini memang sangat istimewa karena hanya Indonesia wilayah daratan dilalui fenomena alam, selebihnya wilayah Lautan Pasifik.

Fenomena ini sangat menarik yang terjadi 350 tahun sekali di wilayah itu, sehingga sangat disayangkan jika momen istimewa itu terlewati begitu saja. Detik-detik menarik menjadi saksi sejarah, ketika pagi yang terang tiba-tiba gelap seperti senjakala, saat Sang Surya menghitam tertutup bayangan Bulan.

Karena itu, ribuan wisatawan mancanegara tak melewatkan momentum langka ini. Para pelancong mendatangi sejumlah titik wilayah Indonesia untuk menyaksikan dari daratan. Bahkan tiga kapal pesiar internasional akan datang khusus menyaksikan Gerhana Matahari di atas laut.

Namun, ada lokasi pengamatan lain untuk menyaksikan gerhana matahari yang ‘spektakuler’. Yakni, di udara. Mereka yang menempuh rute penerbangan tertentu akan mendapatkan kejutan istimewa. Sebab, mereka mendapatkan posisi terbaik di seluruh dunia untuk menyaksikan gerhana matahari total di atas awan.

Memang bukan kali ini momen spektakuler itu dilakukan. Konsep terbang untuk melihat fenomena gerhana sudah pernah dilakukan sebelumnya pada tahun 1887.

Ketika itu, penemu Rusia bernama Dimitri Mendeleev, ingin menyaksikan gerhana tanpa gangguan awan. Ia pun hal itu memberikannya ide untuk naik balon udara saat kejadian langka tersebut, seperti yang dilansir oleh Daily Mail, Senin (07/03/2016).

Karena itu, baru-baru ini, ahli astronomi dan manajer IT di sebuah perusahaan multinasional Prancis, Xavier Jubier, telah melakukan pengamatan terhadap sejumlah penerbangan komersil yang akan dilalui lokasi-lokasi gerhana matahari total.

“Sisi terbaik untuk melihat gerhana (fase gerhana total pada menit ke-4 dan 9 detik) berada di tengah-tengah Laut Pasifik, sebelah timur bagian Indonesia di mana 10 juta orang berada di bawah jalurnya,” tulis Xavier dalam situsnya xjubier.free.fr

Menyaksikan Gerhana Matahari melalui udara, Xavier mengungkapkan penerbangan Honolulu ke Jakarta menjadi yang paling ideal untuk menyaksikan gerhana matahari. Selain itu ada tiga penerbangan lainnya, menjadikan para penumpang pesawat itu akan menyaksikan momen penting itu secara spektakuler.

Ketiga penerbangan itu, papar Xavier, adalah:

01. Penerbangan GA 649 Garuda Indonesia

Penumpang penerbangan Garuda Indonesia, GA 649 dengan pesawat B737-800NG yang melakukan perjalanan menuju Jakarta dari Ternate menjadi salah satu yang paling beruntung.

“Jika jalur penerbangan agak dimodifikasi, penumpang bisa melihat gerhana matahari total selama 2 menit 27 detik pada sisi kiri pesawat dengan elevasi Bulan pada 38 derajat, sementara itu untuk sisi kanan penumpang bisa menyaksikan fenomena ini selama 3 menit 3 detik,” kata dia.

02. Penerbangan AS870 Alaska Airlines
Kesempatan untuk melihat menyakiskan gerhana juga tersedia pada penerbangan domestik Alaska Airlines AS870 menuju Hawaii, dari Anchorage menuju Honolulu pada 8 Maret 2016 waktu setempat.

“Jalur penerbangan tidak perlu dimodifikasi, namun hanya keberangkatannya saja yang perlu dipercepat, sekitar 23 menit. Hal ini bisa memberikan kesempatan penumpang untuk melihat gerhana matahari total selama 59 detik pada sisi kiri pesawat ketika elevasi Bulan pada 10 derajat,” tulisnya.

03. Penerbangan Pribadi Falcon 7X Eclipse
Sementara bagi mereka yang memiliki dana lebih, bisa memilih untuk melakukan penerbangan pribadi dengan pesawat jet Dassault Falcon 7X.

Dalam penerbangan selama 80 menit, penumpang bisa menyaksikan gerhana total selama 3 menit 34 detik– ketika bulan menghalangi piringan matahari. Jalur lintasan penerbangan pribadi Falcon 7X Eclipse saat fenomena gerhana matahari.

Melalui situsnya, Jubier mengatakan penumpang bisa mengambil opsi kedua untuk melakukan perjalanan ke bagian barat Indonesia selama 8 jam, untuk melihat gerhana matahari pada 19 derajat.


Via Online

Namun demikian, tak semua orang punya dana untuk terbang saat itu. Jangan khawatir, masih ada satu opsi lainnya yang bisa Anda lakukan untuk melihat gerhana.

SLOOH, layanan teleskop robot akan melakukan streaming langsung gerhana pada tanggal 8 dan 9 Maret. Sementara, gerhana matahari total di Indoensia juga bisa disaksikan secara langsung pada hari Rabu 9 Maret 2016 melalui streaming di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar dari pukul 06.00-09.00 WIB.

Bagi mereka yang ada di Amerika akan menikmati pemandangan spektakuler itu saat gerhana matahari total melintasi negara Paman Sam pada Agutus 2017, dengan lokasi pemantauan optimal dan terlama berada di Tennessee dan Kentucky. Inilah animasi jalur lintasan gerhana matahari pada tanggal 8 Maret 2016 yang dibuat oleh NASA. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY