Songsong Akhir Tahun, Destinasi Wisata Purbalingga Berbenah

0
1515

PURBALINGGA, test.test.bisniswisata.co.id: Menyongsong libur tahun baru, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Purbalingga berbenah diri. Selain promosi, pengelola obyek wisat juga melakukan pembenahan sekaligus menambah wahana guna memuaskan wisatawan.

Pengelola Taman Wisata Pendidikan (TWP) Purbasari Pancuranmas Purbalingga, misalnya menyambut libur akhir tahun membuka wahana baru berupa Planet Aquarium Toyoshuka.

“Wahana ini sudah kita buka sejak sebulan yang lalu melengkapi wahana Istana Burung yang sudah ada sebelumnya,” kata pengelola TWP Purbasari, Sarimun Budi Purwanto, Ahad (13/12).

Wahana baru ini merupakan pengembangan aquarium-aquarium ikan yang sudah ada sebelumnya. Planet Aquarium Toyoshuka, dibuat menyerupai planet aquarium di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.

“Desain dan pembangunannya dilakukan sendiri oleh tenaga lokal. Ukuran aquarium berbentuk terowongan berdinding kaca bening dengan panjang 20 meter dan lebar 9 meter. Dengan ukuran tersebut, ratusan pengunjung bisa masuk bersamaan dan menyaksikan koleksi ikan lokal dan mancanegara dari arah,” jelasnya.

Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) juga sudah menyiapkan wahana baru layaknya berwisata di pantai. Wahana itu berupa kolam ombak yang sudah mulai uji coba sejak September lalu.

“Wahana Kolam Ombak sudah siap dioperasikan. Kita tinggal melakukan finishing penataan lingkungannya saja, sehingga saat libur akhit tahun semuanya sudah siap,” jelas Direktur Owabong, Wisnu Haryo Danardono.

Dengan adanya wahana baru ini, pengunjung Owabong pada akhir tahun bisa lebih meningkat dibanding tahun lalu. “Apalagi dengan adanya wahana baru ini maka obyek wisata air di Owabong menjadi semakin lengkap,” kata dia.

Beberapa kelebihan kolam “never ending” ombak di Owabong, antara lain ombak datang setiap saat, tidak hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Dengan demikian, pengunjung bisa merasa seolah sedang berenang di laut.

Selain kedua tempat tersebut, Sanggaluri Park yang merupakan obyek wisata edukasi dan masih berada di bawah manajemen Perusahaan Daerah (PD) Owabong, juga telah membenahi sejumlah wahana wisatanya.

Di komplek wisata tersebut, ada berbagai wahana wisata edukasi seperti taman reptile dan insect, taman burung, taman mamalia, taman buah, museum uang, museum wayang dan artefak, wahana iptek, rumah kaca, wahana labirin pohon, wahana taman batu dan wahana taman kelinci.

“Ada juga taman lalu lintas, dragon jetcoaster, terapi ikan, trampoline raksasa, mini train, wahana outbond dan outdoor activity, wahana simulasi manasik haji dan sejumlah wahana lainnya,” kata Wisnu.

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora), Prayitno, menyatakan pihaknya dalam menghadapi libur akhir tahun memang telah meminta sejumlah obyek wisata yang ada di wilayahnya untuk berbenah.

Selain Owabong dan Sanggaluri Park, Dinbudparpora juga telah membenahi obyek wisata alam seperti Goa Lawa yang ada di Desa Siwarak Kecamatan Karangreja, dan sejumlah desa wisata yang memiliki daya tarik luar biasa.

Antara lain seperti Desa Wisata Serang Kecamatan Karangreja dengan wisata agro dan strowberi sebagai unggulannya, Desa Wisata Panusupan dan Tanalum di Kecamatan Rembang dengan daya tarik alam dan wisata religinya, serta Desa Wisata Limbasari di Kecamatan Bobotsari. (*/e)

LEAVE A REPLY