Singapura Tawarkan Event Festival Andalan ke Wisatawan Indonesia

0
136
Singapura jadi tujuan utama wisatawan Indonesia

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Singapura terus melirik potensi wisatawan Indonesia. Sepanjang tahum sedikitnya 3 juta orang Indonesia berwisata ke Negeri dengan lambang kepala Singa. Melihat potensi yang besar, kini Singapore Tourism Board (Badan Pariwisata Singapura) menawarkan sederet event Festival Andalan ke Wisatawan Indonesia.

“Wisatawan Indonesia itu suka event festival, suka hura-hura, suka suasana yang berbeda sehingga kami membuat berbagai festival yang menarik selama setahun untuk dikunjungi, dan festival ini digemari warga Indonesia terutama kaum milenial yang begitu banyak,” papar Direktur Area Indonesia – Singapore Tourism Board (Badan Pariwisata Singapura), Raymond Lim, pada jumpa pers di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Selain berabagi festival yang unik dan menarik, sambung dia, Singapura juga menawarkan Wisata belanja dan kongko-kongko di berbagai resto dan kafe yang menjadi kegemaran orang Indonesia.

“Singapura identik dengan wisata belanja karena hampir setiap hari toko-toko di sini memberi penawaran terbaik. Untuk turis, mereka juga lebih senang belanja di sini karena ada pengembalian pajak yang dinilai menguntungkan. Jika lau sneakers dan kosmetik merupakan dua jenis barang yang belakangan ini paling sering dibeli turis Indonesia,” lontarnya.

Diakuinya, Singapura menjadi Indonesia sebagai pasar utama setelah China juga karena turis Tanah Air sering bolak-balik ke Negara Singa. Minimal dalam setahun, Raymond mengatakan, mereka datang dua kali walau hanya datang untuk berbelanja atau wisata singkat lainnya.

Kebiasaan turis Indonesia itu juga didukung oleh akses penerbangan yang harganya semakin terjangkau, mulai dari Rp500 ribuan rupiah sekali jalan. “Lama menetap turis Indonesia di Singapura tidak terlalu lama, maksimal tiga malam. Namun baginya, itu bukan masalah.
Dan kami yakin mereka (turis Indonesia) pasti datang lagi, karena itu kami juga berusaha membuat mereka datang lagi dengan menggelar banyak festival seru sepanjang tahun ini,” ujar Raymond.

Sepanjang tahun lalu, Singapura telah didatangi oleh sebanyak 17,4 juta turis. Dan tahun ini, Negara Singa berharap untuk didatangi sebanyak 18,1 juta turis. China, Indonesia, India, Malaysia dan Australia menyumbang jumlah kunjungan turis terbanyak sepanjang tahun lalu.

Sebanyak 3 juta turis asal Indonesia telah berkunjung ke Singapura sepanjang tahun lalu, dan menyumbang devisa sebesar S$2 miliar atau sebesar 7 persen dari total devisa yang didapat, yakni sebesar S$26,8 miliar, paparnya.

Berbicara mengenai festival, berikut ini ialah sejumlah festival menarik di Singapura sepanjang tahun 2018:

01. Parade kostum Chinghay Parade Singapore 2018 (Februari)
02. Festival kuliner Michelin Guide Street Food Festival (Maret-April)
03. Festival lampu i Light Marina Bay 2018 (Maret-April)
04. Festival kuliner World Gourmet Summit (Maret-April)
05. Festival seni Singapore International Festival of Arts (April-Mei)

06. Festival musik Ultra Singapore (Juni)
07. Festival belanja The Great Singapore Sale (Juni-Agustus)
08. Festival kuliner Singapore Food Festival (Juli-Juni)
09. Pekan mode Singapore Fashion Week (Oktober)
10. Festival musik ZoukOut (Desember). (NDHYK)

LEAVE A REPLY