Selama Agustus, Berwisata Sejarah Cagar Budaya Bengkulu Gratis

0
148
Rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu

BENGKULU, Bisniswisata.co.id: Selama Agustus 2017, Balai Pelestarian Cagar Budaya tidak melakukan pungutan retribusi masuk ke lokasi cagar budaya Rumah Pengasingan Bung Karno dan Benteng Marlborough di Kota Bengkulu.

Koordinator Juru Pelihara Balai Pelestarian Cagar Budaya Bengkulu Sugrahan mengatakan kebijakan masuk gratis cagar budaya ini agar masyarakat bisa leluasa berkunjung dan mengetahui sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Surat Edaran Direktorat Jendral Kebudayaan Kemendikbud nomor 2010/E2/KB/2017 menyebutkan bahwa dalam rangka bulan kemerdekaan RI dan peringatan hari merdeka tahun 2017, selama satu bulan penuh tidak diperbolehkan memungut biaya apapun di dalam komplek cagar budaya.

“Surat tembusannya sudah kita serahkan kepada dinas terkait di jajaran Pemprov Bengkulu, silahkan jika ingin berwisata sejarah datang dan gratis,” ujar Sugrahan dalam keterangan tertulis di Bengkulu, Kamis (10/08/2017).

Di lokasi cagar budaya Benteng Marlborough dan Rumah Pengasingan Bung Karno, saat ini dikutip biaya retribusi masuk bagi pengunjung sebesar Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk peliputan media massa dikenakan biaya sebesar Rp 200 ribu, dan untuk kepentingan acara kantor dikenakan biaya sebesar Rp 1 juta.

Penarikan retribusi ini dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu. Padahal saat ini dinas tersebut sudah tidak mengelola aset budaya lagi. “Kita juga bingung, padahal leading sektornya ada di Dinas Pendidikan Kebudayaan, kenapa Dinas Pariwisata yang menarik retribusi,” lanjut Sugrahan.

Saat ditelusuri ke lokasi Benteng Marlborough, ternyata saat ini penarikan retribusi pengunjung masih saja dilakukan oleh petugas yang mengaku dari Unit Pelaksana Tugas Dinas Pariwisata Bengkulu. Tenaga honorer bernama Inggrit itu tetap menagih uang retribusi kepada pengunjung. (*/RLS)

LEAVE A REPLY