Scoot Rencana Ambil Alih Rute Silkair ke Pekanbaru

0
89
Scoot

SINGAPURA, Bisniswisata.co.id: SilkAir, anak usaha Singapore Airlines (SIA), akan mengalihkan rute ke Pekanbaru, Indonesia kepada Scoot, maskapai penerbangan bertarif rendah juga milik SIA. Selain Pekanbaru, SilkAir juga mengalihkan rute ke Langkawi, Malaysia dan Kalibo, Filipina.

Penerbangan terakhir SilkAir ke Langkawi, Pekanbaru, dan Kalibo masing-masing dijadwalkan pada tanggal 8 April, 30 Mei, dan 28 Juni 2018. Saat ini SilkAir melayani penerbangan tiga kali seminggu ke masing-masing destinasi.

Pengalihan tiga rute SilkAir kepada Scoot akan mengoptimalkan utilisasi armada pesawat SIA Group, sekaligus untuk menyesuaikan dengan permintaan penumpang. Scoot sudah mengoperasikan penerbangan masing-masing tiga kali seminggu dan empat kali seminggu ke Langkawi dan Kalibo, sedangkan Pekanbaru merupakan rute baru bagi Scoot.

Dengan pengalihan ini, Scoot akan menyusun ulang jadwal penerbangan ke Langkawi dan Kalibo untuk menyediakan lebih banyak pilihan bagi penumpang. Scoot juga menargetkan untuk memulai penjualan tiket ke Pekanbaru pada semester pertama 2018, tergantung pada persetujuan pemerintah.

“Kami terus meninjau rute-rute kami untuk memastikan optimalisasi sumber daya SIA Group. Pengalihan ketiga rute yaitu Pekanbaru, Langkawi dan Kalibo, merupakan upaya kami untuk menyesuaikan kapasitas pesawat dengan permintaan penumpang,” kata Foo Chai Woo, Chief Executive SilkAir, dalam keterangan tertulis, Kamis (25/1/2018).

SilkAir akan tetap mengoperasikan penerbangan ke 10 destinasi lain di Indonesia yaitu Balikpapan, Bandung, Denpasar (Bali), Lombok, Makassar, Manado, Medan, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta. Silk Air juga akan melanjutkan layanan ke tiga destinasi lain di Malaysia yaitu Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, dan Penang. Sedangkan di Filipina, SilkAir akan melajutkan layanan ke Cebu dan Davao.

Dengan tambahan Pekanbaru, serta Kuantan dan Berlin yang akan diluncurkan masing-masing pada bulan Februari dan Juni 2018, jaringan Scoot akan meliputi 66 kota di 18 negara/wilayah. Di Indonesia destinasi Scoot akan bertambah menjadi lima; destinasi sebelumnya yaitu Denpasar (Bali), Jakarta, Surabaya, dan Palembang.

Penumpang SilkAir yang sudah membeli tiket ke Langkawi untuk penerbangan mulai tanggal 9 April 2018 dan Kalibo untuk penerbangan mulai tanggal 29 Juni 2018 akan diberi pilihan untuk mengalihkan rute penerbangan mereka ke destinasi SilkAir yang lain di Malaysia dan Filipina, atau tetap terbang ke Langkawi dan Kalibo dengan penerbangan Scoot. Sebagai alternatif, penumpang juga dapat meminta pengembalian dana penuh.

Sedangkan penumpang yang sudah membeli tiket ke Pekanbaru untuk penerbangan mulai tanggal 31 Mei 2018 akan diberi pilihan untuk mengalihkan penerbangan mereka ke destinasi SilkAir yang lain di Indonesia atau alternatifnya, pengembalian dana penuh. Semua biaya administrasi dan penalti akan dihapuskan untuk penumpang yang membeli tiket mulai hari ini. Hal ini juga berlaku untuk tiket KrisFlyer. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY