Saung Angklung Mang Udjo Hibur Warga Swedia

0
1263

STOCKHOLM, Bisniswisata.co.id: Saung Angklung Mang Udjo, Kelompok musik tradisonal asal Bandung menggemparkan Stockholm, Swedia. Pertunjukan digelar di lapangan terbuka Kungsträdgården mencuri perhatian publik. Saat mengawali penampilan dengan lagu I Have a Dream karya ABBA, serentak penonton mendekat ke depan panggung dan ikut memainkan angklung.

Dibawah alunan angklung lagu ini penonton tidak saja sekedar mendengar tetapi juga diberi kesempatan memainkan angklung dibawah aba-aba dirijen Saung Angklung Mang Udjo. Karena sudah senang dan akrab dengan lagu pertama, penonton meminta untuk dicoba lagu lainnya.
Para pemain lalu membawakan lagu terkenal karya Elvis Presley ”Can’t help falling in love with you”. Masih belum puas dengan dua lagu, penonton disuguhi dengan permainan angklung lewat lagu ”All my loving” karya the Beatles.

Mewakili Walikota Bandung Ridwan Kamil, Wawako Oded Muhamad Danial mengatakan Saung Angklung Udjo berhasil melestarikan alat musik Angklung hingga ke mancanegara.

”Bentuknya yang ramping dan mudah dijangkau oleh jari-jari, serta cara memainkannya yang hanya dengan menggetarkan tabung-tabung bambu mampu menghasilkan alunan musik khas Pasundan. Keharmonisan nada-nada bambu ini sukses membuat semua orang yang menyaksikan pertunjukan ini takjub”, ujar Oded dalam pernyataan KBRI Stockholm yang diterima redaksi Bisniswisata.co.id, Sabtu (29/07/2017).

Sajian musik Saung Anklung Mang Udjo menjadi satu dari sejumlah atraksi khas Indonesia yang tampil di Stockholm. Selain mereka, ada juga wisata kuliner berupa aneka sajian khas Indonesia, di antaranya nasi goreng kampung dicampur fermentasi ikan Haring racikan Master Chef Indonesia, William Wongso.

Para pengunjung juga dimanjakan dengan sampel masakan khas Indonesia lainnya, seperti sate marangi, ging ala rusa Swedia, dan sate ayam Madura. Kesempatan Festival ini juga menampilkan foto-foto yang menyajikan keindahan Indonesia hasil bidikan Fotografer Jurnalistik Indonesia, Ebbie Vebri Adrian.

Selain penampilan seni budaya di panggung utama, di sekitar panggung turut didirikan area stand Kampung Indonesia. Di area ini, para pengunjung dapat melihat stand restoran Indonesia di Stockholm seperti Restoran Warung dan Erna’s Bistro, produk kerajinan tangan dan batik khas Indonesia,

Juga ada biro perjalanan dan paket wisata ke Indonesia Orient Tours dan Asien Paradisresor, area permainan tradisional anak, maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Singapore Airlines, serta stand informasi tentang Indonesia oleh Kementerian Pariwisata Indonesia dan KBRI Stockholm.

Duta Besar Indonesia untuk Swedia merangkap Latvia, Bagas Hapsoro menyampaikan bahwa acara Festival Indonesia ini merupakan kesempatan untuk berinteraksi dengan kebudayaan, keramah-tamahan, dan keindahan Indonesia.

Indonesia berharap bahwa berbagai ragam seni budaya, keindahan alam dan kecantikan obyek pariwisata yang tampil di Festival kali ini dapat meningkatkan arus masuk wisatawan khususnya dari Swedia untuk berlibur ke Indonesia. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.