Sate Maranggi Go International

0
773

PURWAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Sate maranggi, makanan khas Purwakarta yang sudah cukup terkenal di Jawa Barat, melakukan terobosan baru dengan mengembangkan potensi kuliner sate maranggi, yang sudah menjadi khas agar mampu menembus pasar internasional.

“Tahap awal agar bisa go international dengan melakukan pendataan seluruh warung atau tukang sate maranggi yang tersebar di sejumlah kecamatan di Purwakarta,” papar Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, di Purwakarta, Kamis (07/05/2015).

Dukungan, sambung bupati, juga diberikan berupa ‎bantuan hukum gratis, perizinan gratis satu hari selesai serta pembinaan dengan menyediakan tempat. Kemudian, Pemerintah Daerah juga akan terus membatu mengawal standarisasi kualitas sate dan tempatnya.

Berbagai jenis peralatan atau perangkat penjual sate maranggi seperti kipas, daging atau bahan baku, dan lain-lain juga akan distandarisasi, tambahnya.

Langkah tersebut dilakukan untuk merapikan warung sate maranggi, sekaligus menyeragamkan tempat antara penjual sate maranggi dengan yang penjual sate maranggi lainnya. Jika sudah ditetapkan standarisasi seputar sate maranggi Purwakarta, maka diharapkan akan tercipta “branding” sate maranggi Purwakarta.

Dijelaskan, hal yang membedakan sate maranggi dengan sate lainnya adalah bumbunya terbuat dari kecap, yang memiliki cita rasa paduan manis, asam, dan pedas. Biasanya, juga disajikan dengan daging kambing atau sapi.

Founder Rumah UKM, Subiyakto Priosudarsono, dikenal panggilan Pak Bi, pakar branding indonesia, menjelaskan, Purwakarta sangat memiliki potensi identitas daerah yang akan menjadi tujuan orang berwisata. Rumah UKM akan terus membantu Kabupaten Purwakata dalam mengembangkan brand Sate Maranggi sebagai ciri khas Purwakarta.

“Bahkan kami bertekad memperkuat pelaku usaha Sate Maranggi ini dalam menghadapi ancaman pasar dalam persaingan akibat MEA. Mereka, para pelaku usaha Sate Maranggi harus siap dan menjadi tuan rumah di kampungnya sendiri,” tambahnya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY