Sanur Jadi Kampung Wisata Digital

0
505

DENPASAR, test.test.bisniswisata.co.id: Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata akan meresmikan Sanur sebagai kampung wisata digital dan etalase usaha kecil menengah (UKM) pertama di Indonesia melalui ajang “Sanur Village Festival (SVF)”.

“Menteri Pariwisata akan meresmikan kampung wisata UKM digital sebelum membuka Sanur Village Festival ke-10, pada Rabu 26 Agustus nanti,” ujar Ketua Yayasan Pembangunan Sanur, Ida Bagus Gede Sidharta Putra, dalam keterangan Dasa Warsa SVF, Senin (24/8/2015).

Pria yang akrab disapa Gusde itu menyatakan, dipilihnya Sanur oleh pemerintah melalui Kementerian Pariwisata karena dinilai berhasil memberdayakan berbagai potensi masyarakat, termasuk UKM melalui ajang Sanur Village Festival. “Selain alam dan lingkungan, Sanur memiliki kekayaan seni, budaya, dan karakteristik masyarakat pesisir yang energik, dinamis, kreatif, namun juga adaptif masuknya budaya dari luar,” jelasnya.

Gusde mengungkapkan peluncuran kampung wisata UKM digital akan dilakukan di Pasar Sindu. Menurutnya, Pasar Sindu di Sanur yang telah direvitalisasi lima tahun lalu itu, akan dilengkafi Wifi gratis yang memudahkan pelaku UKM mengakses internet untuk menunjang kegiatan pelaku UKM menembus pasar global.

“Secara bertahap fasilitas dan infrastruktur bakal melengkapi program sehingga menjadikan Sanur sebagai etalase UKM nasional baik secara produksi, promosi, maupun pemasaran. Program ini didukung Kementerian Koperasi dan UKM yang ikut menggembleng UKM agar memenuhi kompetensi sehingga dapat bersaing secara internasional,” ungkapnya seperti dikutip laman Inilah.com.

Gusde mengaku, selain meluncurkan kampung UKM wisata digital, Menteri Pariwisata Arief Yahya akan melepas tukik sebagai bagian pelestarian lingkungan. Menteri Arief juga menghadiri talk show bagaimana pelaku UKM wisata perlu membekali diri dengan keterampilan mengakses dunia digital. “Dasa Warsa Sanur Village Festival yang dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata akan berakhir hingga 30 Agustus mendatang,” pungkasnya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY