Kunjungi Komodo, Valentino Rossi Unggah Foto di Medsos

0
322

LABUAN BAJO, NTT bisniswisata.co.id: Valentino Rossi Pebalap MotoGP asal Italia menghabiskan waktu liburan ke Indonesia dengan mengunjungi Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terkenal dengan pelestarian hewan purba Komodo.

“The Doctor” tiba di Labuan Bajo pada Senin (23/1/2017). Pada Jumat (27/1/2017), Rossi pun mengunggah foto liburannya di media sosial (Medsos) Twitter.

“Un saluto dal dragone di Komodo @Komodo national park labuan bajo,” begitu kicaunya sekitar pukul 17.50 WIB.

Dalam foto tersebut, tampak Valentino Rossi dan beberapa rekannya memperhatikan komodo dari kejauhan. Rossi sendiri berpose setengah berdiri dan mengenakan kaus hijau tua.

Tak hanya Twitter, Valentino Rossi juga mengunggah foto liburannya di Instagram. Dengan geotag Komodo National Park, Rossi dan kawan-kawan berfoto di atas bukit berlatar pantai. Tampak seorang ranger Taman Nasional Komodo dalam foto tersebut.

“Un grande grazie al”gruppo vacanze Labuan Bajo” Amazing experience @lacucinakomodo,” tulisnya dalam caption foto di Instagram @valeyellow46.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Marius Ardu Jelamu beberapa waktu lalu membenarkan kunjungan Rossi ke Labuan Bajo. “Iya betul tadi (Valentino Rossi) sudah tiba di Bandara Labuan Bajo, dan saya kira ini adalah kunjungan wisata ke destinasi unggulan itu,” tutur Marius kepada Antara.

Menurut Marius, kunjungan pebalap dunia itu memiliki efek branding karena Rossi merupakan pebalap kelas dunia yang disorot oleh pers internasional.

“Dia kan akan memfoto atau mengambil video di destinasi unggulan tersebut sehingga bisa disaksikan oleh orang-orang di berbagai belahan dunia dan nantinya akan menjadi viral dan menjadi heboh diperbincangkan,” tuturnya.

Kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat selama 2016 mencapai 82.000 orang, baik domestik maupun asing. Jumlah kunjungan tersebut tercatat dari wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo untuk menyaksikan komodo maupun destinasi wisata alam darat dan laut di Labuan Bajo.

Secara keseluruhan, menurut Marius, jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun asing ke NTT selama 2016 mencapai lebih dari 100.000 orang atau naik melebihi yang ditargetkan sebesar 10 persen. “Kita targetkan kunjungan wisatawan pada tahun 2017 harus lebih dari 100.000 orang,” tambah Marius.

Dari jumlah tersebut, sekitar lebih dari 82.000 wisatawan yang masuk lewat pintu barat di Labuan Bajo, Pulau Flores. Sisanya kebanyakan melalui Kota Kupang, kemudian ke Rote, Alor, Sumba, dan lainnya.

Wisatawan yang masuk lewat Labuan Bajo umumnya menikmati pariwisata di daerah setempat, kemudian menuju ke destinasi lain, seperti Kampung Adat Bena, Waerebo, wisata 17 pulau di Riung, hingga ke Gunung Kelimutu dan destinasi wisata lain Flores bagian timur. (*/NDY)

LEAVE A REPLY