Sajian Penuh Cinta Khasanah Kuliner Prancis

0
158
Filet Mignon

JAKARTA, bisniswisata.co.id: “En amour comme en cuisine, ce qui fait trop vite n’est jamais bien fait (Sebagaimana cinta, makanan yang dipersiapkan secara tergesa-gesa pasti tidak baik hasilnya)”. Kalimat itu meluncur dari bibir chef Nabil Jaghdour saat mendeskripsikan bagaimana dia memaknai sebuah hidangan yang lezat.

Prinsip itu dipegang teguh, Chef Nabil saat membuka restoran Le Monde Au Balcon di Jakarta. Restoran yang berlokasi di kawasan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat itu menawarkan sensasi bersantap unik bagi para penggemar kuliner Eropa.

Di tangan chef asal Bordeaux berbagai sajian Prancis dihadirkan dengan sentuhan cita rasa Maroko nan otentik. Saat membuka bisnisnya di Indonesia, Chef Nabil ingin memperkenalkan khasanah kuliner Prancis bagi warga urban Jakarta. Memang, restoran yang menyajikan hidangan Paris itu identik dengan fine dining dengan bujet tinggi.

“Saya ingin menghadirkan makanan Prancis sesuai dengan budget pasar Indonesia. Saya ingin menyajikan masakan yang lezat tetapi terjangkau, sehingga semua orang bisa merasakan kuliner ala Prancis,” ujarnya di Institut Français d’Indonésie (IFI) seperti dilansir laman Bisnis.com, Ahad (12/03/2017).

Di Le Monde Au Balcon, pencinta kuliner diajak menikmati set course mulai dari makanan pembuka hingga pencuci mulut, lengkap dengan berbagai jenis wine pendamping asli Prancis mulai dari Lyon hingga Bordeaux.

Menurut Nabil, cita rasa masakan yang dibuatnya sangat fleksibel untuk berbagai tipe selera. “Masakan di tempat kami tidak hanya sesuai untuk ekspatriat yang merindukan makanan asli Prancis, tetapi juga bagi para pecinta kuliner Indonesia.” sambungnya.

Berbagai upaya sudah dia lakukan untuk mempopulerkan sajian Prancis-Maroko kepada publik Indonesia. Misalnya, membuka kelas memasak sambil belajar bahasa Prancis, hingga mengikuti festival sajian gastronomi Good France.

Dari segi menu andalan, ada beberapa hidangan spesial di Le Monde Au Balcon yang bisa dipilih secara paket ataupun terpisah. Anda pun dapat memilih berbagai jenis hidangan utama, dari yang berbasis hasil laut, daging, hingga unggas.

Salah satu menu set spesial yang dijajakan adalah vol au vent forestier de volaille à la truffe noire yang nikmat, filet mignon demi glace et petits legumes glacees au miel yang segar, dan hidangan pencuci mulut profiteroles au chocolat bourbon et amandes.

Bagi yang baru pertama kali bersantap di restoran ala Prancis, jangan buru-buru merasa terintimidasi dengan penamaan makanan yang cukup panjang dan sulit dieja. Anda dapat bertanya lebih detail tentang apa saja komposisi dari sajian tersebut sebelum memesannya.

Untuk merasakan sensasi yang sedikit berbeda, pesanlah hidangan bernuansa Maroko. Meskipun mengadaptasi beberapa menu populer Maroko, Nabil tetap mempresentasikannya dengan bahan-bahan dan gaya memasak ala Prancis.

Misalnya, makanan pembuka crispy falafel & hummus yang sangat creamy atau aromatic merguez & harissa alias sosis Maroko pedas dengan pasta harissa dan baguette.

Ada juga sup harira, yang berisi daging, peterseli, ketum bar, tomat, buncis, dan miju-miju. Untuk makanan utama, bisa juga memesan sajian seafood otentik Prancis, seperti squid & octopus à la plancha yang terdiri atas cumi-cumi dan gurita yang ditumis dan dibumbui saus vinegar xeres, bawang putih, dan taburan peterseli guna menambah aroma segar. (*/BIO)

LEAVE A REPLY