Safe Travel, Aplikasi Bantu WNI Pelesiran Ke Luar Negeri

0
79

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyediakan aplikasi Safe Travel, yang fitur-fiturnya ditujukan untuk membantu warga negara Indonesia (WNI) dalam mengenal negara tujuan secara lebih baik.

Fitur-fitur Safe Travel yang dapat WNI manfaatkan antara lain informasi lengkap negara-negara di dunia yang meliputi status negara (tingkat keamanan dan kerawanan yang ditandai dengan indikator warna), akses pelayanan perwakilan RI, daftar 130 perwakilan RI, serta informasi hukum dan kebiasaan setempat.

Tak hanya itu, informasi mengenai negara juga memuat mata uang setempat, jnformasi tempat ibadah, informasi wisata, knformasi kuliner halal, hingga informasi lain yang dibutuhkan para traveller, seperti jenis steker listrik maupun voltase yang dipergunakan di negara tujuan.

Satu fitur yang sangat krusial adalah adanya tombol darurat, dimana dalam keadaan darurat, WNI yang berada di luar negeri dapat menggunakan fitur tombol darurat untuk mengirim foto, merekam video, menghubungi Perwakilan RI terdekat dan mengirim lokasi kejadian.

Aplikasi Safe Travel Kemlu juga akan membuat perjalanan WNI menyenangkan dengan fitur-fitur yang khas seperti di media sosial, antara lain:

Indonesian Nearby – Fitur ini menyediakan informasi mengenai WNI yang berada dekat lokasi anda saat berada di luar negeri. Melalui fitur ini, para WNI dapat berkenalan, mengobrol dan mengembangkan jaringan pertemanan untuk memperkuat komunitas WNI di luar negeri

Points dan Badges – Pengguna aplikasi dapat memperoleh points dan badges (lencana) sejak melakukan check in. Akan ada reward bagi pengguna yang mendapat poin dan lencana tertentu. Demikian dikutip dari situs resmi Kemenlu, Jumat (6/4/2018). (NDY)

LEAVE A REPLY