Sabah Tourism Board Gencar Jaring Wisatawan Indonesia

0
614
Bobby Alex, Marketing Manager Sabah Tourism Board
JAKARTA, bisniswisata.co: Badan Promisi Pariwisata Sabah berupaya menjaring wisatawan Indonesia dengan menawarkan wisata alam dan budaya yang unik. Negara Bagian Malaysia di pulau Kalimantan ini miliki keunggulan waktu tempuh yang singkat dan fasilitas yang nyaman.
“Kalau soal kondisi alam memang relatif sama dengan Indonesia tetapi melakukan wisata alam dan budaya di Sabah lebih mudah karena jarak tempuh yang singkat tidak perlu makan waktu berjam-jam. Kami juga menawarkan wisata ke pulau yang waktu tempuhnya hanya 20 menit dari ibukota Kinabalu,” kata Bobby Alex, Marketing Manager Sabah Tourism Board.
Dia hadir di ajang TTC Travel Mart, Senin lalu di Hotel Redtop, Jakarta yang  hari ini 24 Sept 2014 juga berlangsung di Makasar untuk menjaring lebih banyak wisatawan Indonesia berwisata ke Sabah. Terletak di timur laut pulau Kalimantan, Sabah adalah negara bagian kedua terbesar di Malaysia setelah tetangganya di barat daya, Sarawak.
Sabah berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Utara, provinsi termuda Indonesia yang baru terbentuk Agustus 2013 lalu dengan penduduk asli suku Banjar, suku Bulungan, Suku Dayak, Suku Tidung dan Suku Kutai. Bagian barat Sabah umumnya adalah pegunungan, terdiri atas tiga gunung tertinggi di Malaysia dan Gunung Kibalu dengan ketinggian 4.095 meter menjadi destinasi utama.
“Jadi karena Gunung Kinabalu adalah destinasi utamanya maka yang kami tawarkan adalah trekking, naik gunung, arung jeram, outbound dan kegiatan wisata alam di Taman Nasional Gunung Kinabalu teruatama bagi kalangan anak muda dan keluarga. Bagi yang mau santai bisa pilih snorkeling di pulau-pulau dengan resort hotel yang mewah,” jelas Bobby.
Hutan-hutan di Sabah diklasifikasikan sebagai hutan hujan tropis dan memiliki beragam spesies tumbuhan dan hewan Taman Nasional Kinabalu bahkan telah dinyatakan sebagai  situs warisan Dunia sejak tahun 2000 karena kekayaannya dalam keanekaragaman tumbuhan dikombinasikan dengan keunikan geologi, topografi, dan kondisi iklimnya.
“Untuk ajang TTC Travel Mart baru kali ini kami hadir setelah diadakan untuk yang ke 21 kali. Kami ingin memberikan gambaran pada masyarakat Indonesia berwisata ke Sabah itu ke luar negri meski sama-sama di Pulau Kalimantan dan akses kemana-mana sangat mudah dan singkat,” kata Bobby.
Menurut Bobby, setelah terbiasa berwisata ke negara jiran seperti Singapura dan Malaysia untuk wisata belanja dan rekreasi keluarga, maka Sabah bisa menjadi pilihan untuk liburan keluarga lainnya karena ekowisata merupakan wisata edukasi yang baik bagi seluruh anggota keluarga.
“Selama ini Sabah menjadi tujuan wisata masyarakat di Kalimantan Barat dan sekitarnya. Dengan aktif berpromosi di Indonesia termasuk ikut dalam Astindo Fair di JCC yang diselenggarakan setiap tahun, kami harap wisatawan Indonesia dari kota-kota besar lainnya seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makasar mau rehat di hutan atau di resort hotel di berbagai pulau yang terjaga alam lingkungannya di Sabah,” tambahnya.
Pihaknya menjamin, destinasi ini mampu memuaskan selera semua anggota keluarga karena Kota Kinabalu seperti kota besar lainnya juga memiliki fasilitas modern, gedung-gedung tua dengan arsitektur yang indah, pusat jajan, mal-mal hingga kampung nelayan dan kampung suku Dayak dengan tradisi yang tetap lestari.
“Kami akan menjaring komunitas terutama kalangan pecinta alam Indonesia yang suka naik gunung, arung jeram dan lainnya untuk berwisata ke Sabah. Pada  18-19 Oktober 2014 kami menyelenggarakan Kinabalu Internasional Climbathon, lari di gunung di Kundasang dan ada  Borneo Bird Festival di Sandakan untuk komunitas pecinta  burung pada 26-28 September 2014,” tambah Bobby.
Dari Jakarta dan Denpasar tersedia penerbangan langsung ke Kota Kinabalu sehingga wisatawan Indonesia bisa merencanakan aktivitas wisatanya di Sabah karena penerbangan tersedia tiga kali seminggu hari Selasa, Kamis dan Sabtu, tambahnya.   (hildasabri@yahoo.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.