Rio Febrian Cinta Keindahan Indonesia Timur Via Musik

0
332
Rio Febrian (Foto: riofebrian.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Penyanyi Rio Febrian benar-benar terpikat keindahan panorama Indonesia Timur. Dengan pengalamannya, lelaki berusia 35 tahun menunjukkan rasa cinta melalui musik yang dipertontonkan pada khalayak ramai di Jakarta.

Penampilan kali ini, bagi lelaki kelahiran Jakarta berdarah Manado, merupakan kesempatan emas untuk mengapresiasi keindahan, kecantikan, keanekaragaman pariwisata dan budaya nusantara.

“Ini kesempatan saya untuk mengapresiasi keindahan budaya Indonesia timur melalui musik. Kiranya dengan pertunjukan ini dapat menginspirasi para penikmat seni yang hadir sehingga dapat semakin mencintai budaya khas yang dimiliki oleh Indonesia yang sangat kaya ini,” ujar Rio Febrian Samandan, nama lengkapnya.

Dalam pertunjukan itu, ayah dua anak, Jamaica Fosteriano Febrian dan Kalampati Sinarra Febrian, itu menghibur penikmat seni yang hadir dengan membawakan total 10 lagu yang meliputi lagu daerah khas Indonesia timur dan lagu lainnya yang dipopulerkannya berjudul Sendiri.

Selama pertunjukan dengan durasi 60 menit, penyuka seni diajak menikmati keindahan lagu daerah, seperti Sajojo, Sio Mama, Rame-Rame, dan O Ina Ni Keke. “Ini menjadi tantangan untuk membawa lagu-lagu tersebut dengan cara saya tanpa mengubah warna asli dari lagu itu,” imbuh Rio.

Menurut pelantun Nada Kasih – Single Duet dengan Erra Fazira (1999), tiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing dalam bermusik. Bahkan, daerah yang berdekatan seperti Ma­luku dan Papua saja memiliki warna musik yang berbeda.

Meskipun demikian, dirinya merasa ciut hati untuk membawakan lagu dari dae­rah Aceh. “Itu susah karena ada cengkoknya, saya sering lihat Tompi bernyanyi lagu Aceh. Menurut saya, itu cuma dia yang bisa,” tambah dia seperti dilansir laman Mediaindonesia.com, Ahad (19/09/2016).

Peraih Best Male Pop Singer Category “Anugerah Musik Indonesia” 2005 juga tidak melakukan improvisasi terlalu banyak. “Nah, kalau lagu Aceh yang bercengkok begitu, mendingan Tompi saja daripada nanti hancur kalau saya yang nyanyi,” kelakar penyanyi bergenre pop.

Penikmat seni juga turut bersenandung ketika suami Sabria Kono itu membawakan lagu-lagu hit miliknya, seperti Nada Kasih, Tiada Kata Berpisah, Matahari, Bukan untukku, dan Aku Bertahan. Menutup penampilan memukaunya hari ini, Rio Febrian membawakan Indonesia Pusaka yang diikuti oleh penikmat seni. (*/MIO)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.